Kalah dari Juve Milan masih Pede

 

PELATIH AC Milan Stefano Pioli menegaskan timnya masih layak bersaing meraih scudetto meski baru dipermalukan Juventus 1-3 di Stadion San Siro, Milan, kemarin.

Dua gol Federico Chiesa (18’, 62’) dan satu gol Weston McKennie (76’) bersarang ke gawang Rossoneri julukan Milan. Sementara itu, satu gol hiburan AC Milan di cetak Davide Calabria pada menit ke-41. “Para pemain menundukkan kepala mereka di ruang ganti dan kecewa. Namun, di sisi lain, itu sehat bagi kami untuk mengalami kekalahan karena kami tidak merasakannya untuk sementara waktu,” kata Pioli.

“Saya menepuk punggung mereka, mengatakan bahwa mereka harus bangga dengan apa yang mereka capai dalam situasi tersebut. Kami
membuktikan bahwa kami tim yang kuat malam ini,” lanjutnya dengan pede (percaya diri).

Dalam pertandingan itu, Milan kehilangan banyak pemain inti mereka. Namanama seperti Zlatan Ibrahimovic, Ismael Bennacer, Ante Rebic, Alexis Saelemaekers, hingga Sandro Tonali absen karena berbagai faktor.

Meski begitu, Milan mampu mengimbangi permainan ‘si Nyonya Tua’. Mereka bahkan tampil agresif terutama di babak pertama saat menyamakan kedudukan 1-1.

Meski kalah dari Juventus, Milan saat ini masih memuncaki klasemen sementara Liga Italia 2020-2021 dengan perolehan 37 poin hasil 16 kali tanding. Milan unggul satu poin atas seteru sekota, Inter Milan yang takluk 1-2 dari tuan rumah Sampdoria.

Pelatih Juventus Andrea Pirlo menuturkan kunci timnya bisa mengalahkan Milan. Dia sengaja menempatkan Federico Chiesa untuk satu lawan satu menghadapi Theo Hernandez.

“Idenya ialah membuat Hernandez berada dalam tekanan dan tidak membiarkan dia maju sebebas biasanya. Terutama, saat dia berhadapan dengan pemain yang bagus dalam situasi satu lawan satu,” kata Pirlo.

Bianconeri menempati peringkat keempat dengan 30 poin dari 15 laga. Juventus berpeluang memangkas jarak karena menyimpan satu laga tunda.

Kembali bersaing

Ambisi terus bersaing juga menguar di kubu Barcelona setelah menggasak Athletic Bilbao 3-2, kemarin. Megabintang Lionel Messi menyumbang dua gol menit ke-38 dan 62, untuk menambah sumbangan Pedri di menit ke-14. Tuan rumah Bilbao sempat unggul dulu melalui gol Williams di menit ketiga dan gol kedua dilesakkan Muniain di akhir laga.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman menilai timnya kembali bersaing di jalur juara. “Kami berjuang keras sampai menit-menit terakhir pertandingan. Memang ada gap (dengan posisi puncak klasemen). Akan tetapi, saat ini kami berada di jalur yang tepat,” kata Koeman.

Barca menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan 31 poin hasil 17 kali main, tertinggal lima poin dari posisi kedua Real Madrid. Atletico Madrid di posisi teratas dengan 38 poin hasil 15 kali main.

Masih di Spanyol, Atletico Madrid harus memupus asa meraih trofi Piala Raja setelah tersisih di babak kedua, kemarin. Atleti secara mengejutkan takluk 0-1 dari tim strata ketiga Cornella.

Di ajang Piala Liga Inggris, Manchester City memastikan tempat di final setelah mempermalukan tuan rumah Manchester United 2-0 di laga semifinal, kemarin. Gol John Stones dan Fernandinho mengantar City jumpa Tottenham di laga pamungkas, 25 April mendatang. (Footballitalia/AFP/Goal/R-2)