Kembali Hadapi Masalah Ban Belakang, Rossi Tercecer di Posisi 21

HASIL buruk didapat Valentino Rossi di babak kualifikasi MotoGP Doha, di Sikuit Losail, Qatar Minggu (4/4). Pembalap tim Petronas Yamaha itu hanya menempati posisi 21 atau kedua dari belakang dalam kualifikasi.

Juara dunia tujuh kali MotoGP itu hanya membukukan waktui 1 menit 54,881 detik, terpaut lebih dari satu detik dari pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin yang meraih pole position. Rekan setim Martin, Johann Zarco menjadi yang tercepat kedua di babak kualifikasi sedangkan posisi start ketiga akan ditempati pembalap tim Monster Yamaha, Maverick Vinales.

Bagi Rossi, hasil ini sangat jauh dibanding saat kualifikasi seri pertama MotoGP tahun ini, MotoGP Qatar yang juga berlangsung di Sirkuit Losail. Saat itu, pembalap berjuluk The Doctor tersebut mampu start dari posisi empat.

Namun dalam lomba Rossi gagal bersaing dan hanya finis di posisi 12. Masalah ban belakang membuat Rossi gagal tampil bagus saat lomba. Permasalan ban belakang pula yang membuat Rossi gagal maksimal di kualifikasi MotoGP Doha.

"Ini hari yang sulit karena saya tidak pernah mampu cepat. Kami mencoba memperbaiki masalah ban belakang namun saya malah kesulitan. Daya cengkeram ban sangat kurang dalam akselerasi. Dalam beberapa lap, kecepatan sepeda motor saya juga tidak bagus," ungkapnya.

"Saya harus mulai dari belakang. Kita harus mengerti, mencoba sesuatu yang lain dan kita akan lihat," imbuhnya.

Ini menjadi posisi kualifikasi terburuk Rossi sepanjang kariernya di MotoGP. Sebelumnya start terburuk didapat Rossi di MotoGP Assen, Belanda 2006 dengan menempati posisi 18.

"Untuk besok (lomba) akan sulit karena saya memulai dari belakang. Masalah utamanya adalah sepeda motor saya tidak cukup kecepatan. Tapi saya akan mencoba untuk tetap bersaing. Kita lihat saja nanti," kata Rossi. (Crashnet.com/OL-15