Kenang 60 Poin si Mamba Hitam

EMPAT tahun lalu, 13 April 2016 menjadi momen penting untuk megabintang LA Lakers, Kobe Bryant, dalam berkarier di NBA. Hari itu, dia menjalani laga terakhirnya setelah berkiprah selama 20 tahun di NBA.

Hari yang dikenal sebagai peringatan 60 poin Kobe Bryant itu dikenang istrinya, Vanessa, kemarin, melalui unggahan video di akun Instagram pribadinya. Dia mengunggah pertandingan terakhir ‘Mamba Hitam’–julukan Bryant–yang tampil gemilang dengan mencetak 60 poin saat itu.

‘Suami saya bekerja keras selama 20 tahun’, tulis Vanessa mengenang suaminya.

‘Diserahkannya itu semua. Yang ia inginkan hanyalah menghabiskan waktu bersama putri-putri kami dan saya untuk membayar waktu yang hilang. Ia ingin ada untuk setiap tonggak sejarah dan momen spesial dalam hidup putri-putri kami’.

Posting video itu menampilkan kemenangan LA Lakers 101-96 atas Utah Jazz pada 13 April 2016. Bryant juga memberikan kata sambutan dan menunjukkan momen bersama keluarganya. Dia memeluk Vanessa dan mencium putrinya, Natalia dan Gianna.

Putri ketiganya, Bianka, lahir pada Desember 2016. Yang keempat, Capri, lahir pada Juni tahun lalu. Namun, setelah momen bersejarah itu, Bryant tewas 26 Januari lalu dalam insiden kecelakaan helikopter bersama sang putri, Gianna, dan tujuh orang lainnya.

‘Dia (Kobe Bryant) hanya menikmati 3 tahun 9 bulan masa pensiunnya. Kami memiliki dua putri lagi. Dia memenangi Oscar, dia 
membuka studi Granity, dia lima kali jadi penulis terlaris, dan melatih tim basket Gianna. Dia (Gianna) bekerja keras dalam seminggu seperti yang dilakukan ayahnya. Ini tidak masuk akal’, tulis Vanessa yang masih terpukul dengan kepergian Bryant.

Bryant pergi selamanya dalam usia 41 tahun. Jenazah Bryant dan Gianna dimakamkan pada 7 Februari 2020 di Pacific View Memorial Park, Corona del Mar, California.

Selama berkarier, Bryant menjelma menjadi ikon NBA dan membawa kompetisi bola basket profesional Amerika Serikat itu sebagai
liga bola basket terbaik dunia.

Nama besarnya pun membawa Bryant masuk Naismith Memorial Basket Hall of Fame (HOF). Upacara penghargaan itu akan digelar Agustus 2020. Vanessa mengatakan terpilihnya Bryant masuk Hall of Fame merupakan salah satu tonggak karier terbesarnya. Hal itu juga menjadi sebuah kehormatan luar biasa.

“Ini pencapaian dan kehormatan luar biasa dan kami sangat bangga padanya. Setiap prestasi yang dia miliki sebagai atlet ialah batu loncatan untuk berada di sini,” kata Vanessa.

Selain Bryant, ada dua mantan pemain NBA lain yang juga masuk Naismith Memorial HOF 2020, yakni legenda San Antonio Spurs, Tim Duncan, dan mantan bintang Boston Celtics, Kevin Garnett. Presiden dan CEO Naismith Memorial HOF, John L Doleva, mengatakan penerima penghargaan tahun ini merupakan salah satu yang terbaik dalam sejarah. (AFP/Akmal Fauzi/R-2)