Klopp Kembali Tegaskan Tidak Tertarik Tangani Timnas Jerman

 

PELATIH Liverpool Juergen Klopp kembali menegaskan dirinya tidak tertarik untuk menggantikan Joachim Low sebagai pelatih kepala tim nasional Jerman. Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) telah mengkonfirmasi Low akan meninggalkan jabatan pelatih kepala selepas mendampingi Der Panzer di EURO 2021.

"Apakah saya akan tersedia untuk ditawari pekerjaan timnas Jerman pada musim panas nanti? Tidak. Setelah musim panas, tidak," kata Klopp dikutip dari laman resmi Liverpool, Selasa (9/3).

Klopp sendiri memuji pencapaian Low yang sudah menangani Jerman sejak 2006 dan menjuarai Piala Dunia 2014 setelah menjadi runner-up EURO 2008. Namun, ia tetapi memahami jika pelatih berusia 61 tahun itu ingin menanggalkan jabatannya selepas EURO 2021.

Sebelumnya, Low secara pribadi mengajukan pengunduran diri selepas EURO 2021 kendati kontraknya masih berlaku hingga setidaknya 2022. "Joachim Low bertahun-tahun melakukan pekerjaan luar biasa. Saya rasa dia salah satu pelatih Jerman terlama dan salah satu yang tersukses, ujar Klopp.

Medio November 2020, Klopp juga sempat menyatakan dirinya tidak tertarik untuk menggantikan Low di timnas Jerman. Klopp mengaku sudah dikontak dan ditawari pekerjaan menangani timnas Jerman tetapi mengaku tidak pernah tertarik dengan kesempatan itu.

Klopp mengingatkan dirinya masih punya kontrak setidaknya hingga 2024 di Liverpool. Sebagaimana yang sudah ia lakukan ketika menangani Mainz, dirinya akan menghormati kontrak itu tanpa peduli tawaran disertai iming-iming dana besar.

"Setelah musim panas nanti, saya masih memiliki kontrak tiga tahun di Liverpool. Ini pernyataan sederhana untuk situasi yang sederhana: Anda menandatangani kontrak dan sewajarnya Anda harus menaatinya," kata Klopp. (Ant/OL-15)