Koeman Ingin Dapatkan Pemain Baru

 

PELATIH Barcelona Ronald Koeman terang-terangan menyatakan keinginan mendapatkan pemain baru untuk membantu timnya pulih dari start terburuk sejak musim 1987-1988.

Ia pun mengaku sudah mengantongi daftar pemain yang akan dibeli dan dilepas pada jendela transfer Januari, meskipun menyatakan situasi keuangan klubnya yang lagi sulit sehingga membuatnya tidak akan mendapatkan pemain yang diinginkannya secara pribadi.

"Setiap pelatih selalu memandang bulan Januari sebagai kesempatan meningkatkan skuadnya dan saya juga begitu," kata dia dalam jumpa pers menjelang pertandingan melawan Athletic Bilbao.

"Yang saya lakukan adalah membuat rencana pemain yang bisa saja pergi dan daftar pemain yang akan menarik untuk dibawa masuk. Tetapi, itu tergantung kepada klub," imbuhnya.

Barcelona memang sepertinya tidak bisa sepenuhnya menyanggupi permintaan dana dari pelatihnya karena pandemi virus corona baru telah menghantam aliran pendapatan klub. Barca juga baru-baru ini terpaksa mengumumkan mesti menunda pembayaran gaji pemain untuk Januari.

Carles Alena sepertinya bakal menjadi pemain pertama yang dipersilakan meninggalkan Barcelona oleh Koeman setelah gelandang ini disebutnya telah diizinkan mencari tim baru dengan status pinjaman. Media Spanyol lalu melaporkan dia setuju dipinjamkan kepada Getafe.

Baca juga:  Ronald Koeman: Barcelona Butuh Penyerang Murni

Barca menduduki urutan kelima dalam klasemen setelah mengemas 28 poin dari 16 pertandingan, dan tertinggal dari pemuncak klasemen Atletico Madrid sampai selisih 10 poin.

Namun, klub Catalan itu masih menyimpan satu laga lebih banyak, kalah 0-1 dalam dua pertandingan terakhirnya melawan Athletic dalam semua kompetisi dan terakhir kali mencetak gol saat menang 2-0 pada 2017.

Athletic Bilbao sendiri menduduki urutan kesembilan dengan 21 poin dari 17 laga. Mereka akan memainkan pertandingan pertama di bawah asuhan pelatih baru Marcelino, yang punya kenangan bagus dalam pertandingan terakhirnya melawan Barcelona ketika Valencia yang diasuhnya dulu menghantam Barca 2-1 dalam final Copa del Rey 2019.(Ant/OL-5)