Kota Medan Siapkan Dua Opsi Cluster Isolation

 

PEMERINTAH Kota Medan, Sumatera Utara sedang mematangkan kebijakan penerapan Cluster Isolation untuk memutus rantai penularan virus korna korona. Pelaksana Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan pihaknya telah menggelar rapat yang membahas Penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Medan.

"Tujuan dari rapat ini untuk mempelajari konsep Cluster Isolation, bersama tim ahli dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan," terangnya, Minggu (26/4).]

Dalam rapat tersebut dia menyetujui dua pilihan sistem isolasi yang disampaikan tim ahli untuk melaksanakan Cluster Isolation. Keduanya adalah isolasi di rumah serta isolasi di rumah sakit.

Tindakan isolasi hanya dilakukan kepada siapa yang sakit. Penanganan akan difokuskan kepada korban dan lingkungan tempat tinggal si penderita.

Saat ini Pemkot Medan tinggal menyelesaikan pembagian kerja gugus tugas dan tim ahli berdasarkan data-data peraturan yang ada dan membuat struktur organisasi, pelaksanaan dan teknik pelaksanaan. Akhyar menambahkan telah menginstruksikan pembagian kerja harus sudah selesai pada awal pekan depan ini agar Cluster Isolation dapat segera ditetapkan.

"Kita tidak boleh berlama-lama. Setiap detik sangat berharga," ujarnya. (R-1)