Kotoran Telinga Ungkap Tingkat Stres

ADA dua jenis kotoran telinga, yaitu yang kering dan basah. Kotoran telinga berperan penting dalam melindungi organ pendengaran dari benda asing dari luar. Meski begitu, terkadang kotoran telinga bisa juga menyebabkan masalah jika sudah terlalu banyak dan menumpuk.

Namun, para ahli dari University College London (UCL)-King’s College London mengungkapkan kotoran telinga ternyata bisa mengungkap tingkat stres seseorang. Hasil penelitian itu diterbitkan dalam jurnal Heliyon.

Para peneliti menemukan bahwa hormon stres, kortisol, dalam kotoran telinga relatif stabil sehingga mereka menciptakan alat baru yang bisa mengambil sampel dan mengujinya dengan cepat, murah, dan efektif.

Studi dilakukan terhadap 37 partisipan untuk menguji teknik pengambilan sampel yang berbeda, yakni sampel darah, rambut, dan kotoran telinga. Sampel kotoran telinga menghasilkan lebih banyak kortisol daripada sampel rambut.

“Kadar kortisol dalam kotoran telinga tampaknya lebih stabil,” kata penulis utama, Andres Herane-Vives. (Nur/Daily Mail/X-7)