Lama di Spanyol tanpa Uji Coba, Timnas U-19 Pulang Kampung

 

TIM nasional Indonesia U-19 akhirnya kembali ke Indonesia dari Spanyol setelah hampir tiga pekan pemusatan latihan (TC) tanpa uji coba. Mereka akan berangkat pada Rabu (13/1) pukul 11.50 waktu setempat. Kepulangan ke Indonesia ini lebih cepat dari jadwal yang sudah disusun PSSI.

Timnas Indonesia U-19 tiba di Spanyol sejak 27 Desember 2020. Sejatinya, Timnas U-19 melakoni lima laga uji coba selama berada di Negeri Matador. Namun, jadwal yang sudah disusun akhirnya berantakan karena pandemi covid-19.

Timnas U-19 kemudian hanya bisa menggelar sesi latihan biasa dan menggelar laga internal untuk mengukur perkembangan permainan. "Tentu bila ada pertandingan uji coba pemain akan semakin berkembang. Kami tidak dapat menjalani uji coba karena kondisi covid-19 di Spanyol yang tinggi dan berimbas tidak mendapatkan izin untuk uji coba. Selama tiga pekan di Spanyol, kami hanya melakukan dua kali internal game," kata Shin Tae-yong dilansir laman resmi PSSI, Rabu (13/1)

Begitu tiba di Indonesia, Kamis (14/1) malam, seluruh pemain serta ofisial timnas U-19 akan menjalani karantina mandiri dan swab test PCR sesuai aturan pemerintah Indonesia.

"Alhamdulillah hasil swab test PCR yang kami lakukan kemarin di sini semua negatif. Jadi kami dapat kembali ke Indonesia hari ini. Setibanya di Indonesia kami harus karantina mandiri di hotel selama lima hari dan kembali menjalani swab test PCR," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Untuk Kelana Mahessa, ia kembali ke Jerman. Khairul Imam Zakiri bertahan di Spanyol karena langsung bergabung ke klubnya Gymnastica Cueta yang sekarang berubah nama menjadi CD Polillas. (OL-14)