Lima Kriteria Penerima Bansos

 

KEPALA Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Irmansyah menyebutkan lima kriteria penerima bantuan sosial, yakni mereka yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau Basis Data Terpadu (BDT).

Data BDT terintegrasi dengan Kementerian Sosial RI. “Kriteria kedua, yakni penerima eksisting, seperti KJP plus, KJMU, Kartu Lansia Jakarta, Kartu Disabilitas, Kartu Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak, PMTAS, dan Pangan Murah Jakarta,” papar Irmansyah, kemarin.

Selain itu, bansos juga diberikan kepada warga yang memiliki penghasilan kurang dari Rp5 juta per bulan, terkena PHK atau dirumahkan dengan pengurangan atau tidak menerima gaji, memiliki usaha tetapi tutup serta tidak bisa berjualan kembali, dan pendapatan atau omzet berkurang drastis akibat pandemi covid-19.

Untuk mengetahui daftar nama penerima, warga dapat menghubungi call center Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melalui nomor telepon (021) 426 5115 atau melalui pengurus RW setempat.

Bagi setiap pihak yang ingin memberikan bantuan selama pandemi covid-19, Kabid Humas PMJ Kombes Yusri Yunus mengimbau agar berkoordinasi dengan petugas di lapangan. Hal itu dilakukan untuk  menjamin proses pemberian bantuan tidak menimbulkan kerumunan massa.

Terpisah, Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono mengatakan akan mengevaluasi pendistribusian dalam bentuk sembako ke masyarakat. Pihaknya mendapat masukan dari masyarakat agar bantuan dapat didistribusikan menggunakan ojek daring.

“Polri sendiri akan memberi bantuan uang sebesar Rp600 ribu kepada para sopir taksi, travel, bus, maupun truk selama tiga bulan ke depan,” imbuh Kabiro Penmas Polri Brigjen Argo Yuwono. (Put/Tri/Ykb/J-2)