Maia Estianty Tahu Terpapar Covid-19 karena Rajin Tes Usap

 

MUSIKUS Maia Estianty, 44, mengumumkan dirinya terpapar covid-19 tanpa mengetahui dari mana dan di mana ia tertular.

Dikisahkannya, dua pekan lalu Maia mengaku masih menjalani sejumlah tes usap dan hasilnya negatif. Beberapa hari kemudian dia kembali menjalani tes usap sebelum menjadi juri Indonesian Idol dan di situlah ia tahu kalau dirinya positif covid-19.

“Karena aku ada kewajiban untuk kebutuhan syuting dan sebagai juri Indonesian Idol, swab test lagi Minggu (20/12/2020). Nah, pada saat itu aku terdeteksi divonis positif covid-19. Aku kaget, dari mana? Karena Kamis (17/12/2020) masih negatif, kenapa jadi positif? Dari siapa ya?” kata Maia dalam akun Youtube-nya, Rabu (30/12/2020).

Maia memang sempat pergi makan malam bersama teman-temannya sesama juri Indonesian Idol pada 17 Desember 2020. Namun, semua orang yang hadir saat itu sudah menjalani tes dan hasilnya negatif, termasuk Maia.

Dari jejak digital di media sosial, Maia menghadiri acara kumpul-kumpul dengan juri Indonesian Idol lainnya, seperti Anang Hermansyah, Judika, Ari Lasso, dan Bunga Citra Lestari. Turut hadir Daniel Mananta, hostIndonesian Idol sebelumnya.

“Kami juga melakukan tes swab antigen dan hasilnya negatif juga. Pulang dari makan-makan itu karena kita sudah tes swab dan kita merasa enggak jaga jarak,” ucap perempuan kelahiran Surabaya itu.

Setelah tahu dirinya positif, Maia menjalani isolasi mandiri di rumah mulai 20 Desember 2020. Suami Maia, Irwan Mussry, mengirim seorang suster dan obat yang diperlukan.

“Aneh ya, aku tuh enggak pernah lepas sama vitamin, mulai vitamin B, C, D, zinc, kalsium, magnesium. Pokoknya aku full punya vitamin untuk imunku. Enggak tahu kenapa tiba-tiba aku kena covid-19. Mas Irwan kaget, tapi malam itu juga dia ngirim susternya ke Pejaten dan obat-obatnya ke aku banyak banget,” tuturnya.

Sehari setelah menjalani isolasi mandiri, Maia melakukan skrining lagi dengan tes swab PCR pada 21 Desember 2020 dan ia pun kaget saat mengetahui hasilnya negatif. “Ternyata virus korona dalam 1×24 jam telah mati dalam tubuhku, bisa gitu ya. Aku sampai, wow cepat sekali, apa karena imunku imun Superman sehingga bisa bikin virusnya mampir, tapi enggak menginfeksi diriku sehingga langsung mati virusnya,” jelasnya.

Meski begitu, Maia masih meneruskan isolasi mandirinya. Tampak dalam sebuah unggahan, dirinya berbicara dengan anak bungsunya, Dul, dari balkon saat perayaan Hari Ibu pada 22 Desember 2020.

Absen ngejuri

Karena harus menjalani isolasi mandiri, Maia pun absen dalam babak showcase 3 Indonesian Idol Special Season yang digelar pada Senin (21/12/2020) malam.

Namun, Maia bukan satu-satunya juri yang absen malam itu sebab Rossa dan Judika juga tidak hadir. Begitu juga dengan host Indonesian Idol, Boy William. Posisi ketiga juri akhirnya digantikan sementara oleh Fadly Padi Reborn, Kaka Slank, dan Titi DJ. Sementara itu, Boy digantikan Daniel Mananta.

Sebelumnya, pada 14 Desember 2020, Rossa mengaku tidak enak badan dan harus beristirahat. Pada 31 Desember 2020, dari akun medsosnya, Boy William baru mengatakan kalau dirinya dalam keadaan sakit hingga dirawat di rumah sakit. Kondisi itu membuatnya harus merayakan Tahun Baru di rumah sakit.
 
Last day of 2020. This is my nightclub for tonight. I’ve been sick for a while now but i’m okay! I can’t wait to get back to work man!” tulis Boy William. (Medcom.id/H-2)