Mane Antarkan Senegal ke Putaran Final Piala Afrika

 

SADIO Mane mengantarkan tim nasional Senegal sebagai negara pertama yang lolos ke putaran final Piala Afrika. Tepatnya setelah gol kemenangan 1-0 atas Guinea-Bissau pada Minggu waktu setempat.

Gol Mane muncul pada delapan menit jelang berakhirnya pertandingan. Dari laman resmi CAF, Senegal dilaporkan sudah mengoleksi 12 poin dari empat pertandingan.

Baca juga: Lima Fakta Menarik Sadio Mane

Senegal menduduki puncak klasemen Grup I fase kualifikasi Piala Afrika. Negara itu unggul enam poin atas Kongo, yang dijadwalkan melawan Eswatini pada Senin waktu setempat.

Berbekal raihan 12 poin, sekalipun Senegal kalah dalam dua laga terakhir, posisi mereka tidak mungkin dikejar Guinea-Bissau (3) dan Eswatini (0), yang berada di urutan ketiga dan keempat.

Kongo, Guinea-Bissau dan Eswatini akan memperebutkan satu tiket tersisa dari Grup I ke putaran final Piala Afrika nanti. Rekan setim Mane di Liverpool, Naby Keita, mencetak gol untuk Guinea yang menjaga posisi puncak Grup A. Walaupun hanya meraih hasil imbang 1-1 di Chad.

Dalam laga lain yang berlangsung lebih awal, dwigol Saidi Ntibazonkiza dan satu gol lain dari Youssouf Ndayishimiye, mengantarkan Burundi mengalahkan Mauritina di Grup E.

Baca juga: Ray Clemence, Sang Legenda Liverpool, Meninggal Dunia

Fase kualifikasi Piala Afrika 2021 digelar dalam 12 grup. Kemudian, dua tim teratas masing-masing grup akan tampil di putaran final. Terkecuali Grup F di mana tuan rumah Kamerun akan didampingi satu tim lain, yang finis pada urutan teratas.

Awalnya,  Piala Afrika 2021 digelar pada Januari. Namun, terpaksa diundur ke Januari 2022 akibat pandemi covid-19.(Ant/OL-11)