Memakmurkan Masjid ala Milenial Cianjur

MEMAKMURKAN masjid bisa dilakukan dengan berbagai cara. Apalagi di saat Ramadan seperti sekarang. Salah satunya seperti yang dilakukan sekelompok pemuda di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang tergabung dalam komunitas Kawan Ukhuwah. Mereka menerima jasa layanan 'salon masjid' atau membersihkan masjid secara cuma-cuma alias gratis.

Satu di antaranya dilakukan di Masjid Al-Mukhlishin di Kompleks Perum Sabandar Permai RT 01/11, Desa Sabandar, Kecamatan Karangtengah, Minggu (18/4). Sebelum membersihkan masjid, mereka memetakan dulu kondisi konstruksi interior dan eksterior bangunan masjid.

Ketua komunitas tersebut kemudian memberikan arahan serta membentuk tim. Ada tim yang bertugas membersihkan interior masjid, ada juga tim pembersih tempat wudu dan kamar mandi, serta tim pembersih karpet.

Dengan berbekal berbagai peralatan, mereka pun membersihkan berbagai sudut masjid dengan penuh semangat dan keikhlasan. "Ini sebetulnya lebih didasari untuk memakmurkan masjid. Kita ingin membantu membersihkan masjid. Mohon maaf, masih terdapat masjid yang kadang kamar mandinya masih kotor dan tempat lainnya. Nah, kami ingin membantu," kata Ketua Komunitas Kawan Ukhuwah, Arif Munawar.

Arif mengaku kegiatan yang mereka lakukan tidak memungut bayaran alias gratis. Dewan kemakmuran masjid (DKM) yang ingin mendapatkan jasa salon masjid dari Kawan Ukhuwah bisa menghubunginya.

"Apalagi di bulan puasa ini, tentu harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bisa mendatangkan keberkahan," ucapnya.

Anggota komunitas Kawan Ukhuwah berasal dari berbagai kalangan. Ada yang aktif sebagai karyawan, ada juga yang jadi pengusaha.

"Ini merupakan cara merajut kembali tali persaudaraan. Kita juga harus tunjukkan bahwa Islam itu rahmatan lil alamin. Salah satu caranya yaitu memakmurkan masjid. Kami (komunitas Kawan Ukhuwah) punya program salon masjid," pungkasnya.

Sekretaris DKM Al-Mukhlisin Kompleks Perumahan Sabandar Permai, Iman, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan komunitas Kawan Ukhuwah. Usia anggota relatif masih muda, tapi mereka sudah memiliki rasa dan kepedulian membantu sesama dengan cara membersihkan masjid secara gratis.

"Ini sangat luar biasa. Anak-anak muda ini memiliki visi yang ingin mengubah image. Mereka meninggalkan hasrat duniawi dengan melakukan hal-hal yang positif," kata Iman. (Benny Bastiandy/H-2)