Menekuni Hobi saat Libur Panjang

 

LIBURAN panjang di tengah pandemi tak membuat Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Penduduk dan Permukiman Suharti Sutan risau. Meski tak bisa pergi berlibur ke luar kota, ia tetap menjalaninya dengan riang.

Sabtu (31/10), sejak pagi Suharti sudah sibuk mengaduk-aduk adonan roti di rumahnya. Bahan-bahan membuat roti selalu ia stok di lemari penyimpan di dapurnya agar jika sedang memiliki waktu luang, ia selalu bisa melakukan hobinya.

Membuat roti merupakan hobinya yang istimewa. Namun, saat ditanya lebih jauh sejak kapan menyukai hobi tersebut, ia menjawab malu-malu. “Sudah sejak dahulu kala,” canda Suharti.

Macam aneka roti pernah dibuatnya. Ia bahkan sudah mampu mengkreasikan buket bunga yang berwarna warni terbuat dari roti. Tak sungkan ia memamerkan hasil kreasinya di media sosialnya.

Ia juga pernah sampai menimba ilmu dengan mengikuti kursus ‘bakery’ bersama chef terkenal dari Amerika Latin dan Amerika Serikat pada 2017. Meskipun sudah mahir membuat roti, Suharti mengaku tak bisa sampai mencoba bisnis toko roti karena kesibukannya.

Lain halnya dengan Wury Setyaningsih, 32, yang sudah hobi memelihara tanaman hias sejak tahun lalu. Karyawan media komunikasi milik pemerintah daerah itu hobi memelihara tanaman sejak tak bisa lagi menekuni hobi mendaki gunung.

“Jadi inginnya membangun suasana hutan ala-ala gitu di rumah, biar kangen untuk naik gunung bisa tersalurkan,” ujarnya.

Di masa pandemi, hobi tersebut justru berbuah manis karena bisa dijadikan bisnis. Selama libur panjang akhir pekan pun ia memilih untuk mengurus dan mempromosikan tanaman-tanamannya yang sudah siap dijual kepada pemilik baru. (Putri anisa/J-1)