Menilai Potensi Meta Platforms: Bisakah Mencapai Kapitalisasi Pasar Sebesar $3 Triliun pada 2027?

Meta Platforms Inc

(SeaPRwire) –   Meta Platforms (NASDAQ:META) telah mengalami kebangkitan yang luar biasa sejak awal tahun 2023, menyaksikan nilai sahamnya yang mengejutkan sebesar 289%. Meskipun menghadapi tantangan di masa lalu, perusahaan yang saat ini bernilai $1,2 triliun ini telah mendapatkan kembali momentum, didukung oleh tingkat keterlibatan yang kuat dan parit ekonomi yang solid.

Setelah penurunan yang signifikan dalam nilai sahamnya pada tahun 2021, yang disebabkan oleh penyempitan margin keuntungan dan pertumbuhan pendapatan yang tidak bergairah, Meta telah berhasil bangkit kembali, didorong oleh antisipasi pemotongan suku bunga, upaya pengoptimalan biaya, dan sentimen investor yang membaik.

Tinjauan Kinerja Q4 2023

Pada Q4 2023, Meta melaporkan peningkatan penjualan tahun-ke-tahun sebesar 25%, dengan total $40,1 miliar, ditambah dengan penurunan biaya operasional sebesar 8% menjadi $23,7 miliar. Hal ini menghasilkan laba operasi yang signifikan sebesar $16,34 miliar dan margin operasi dua kali lipat sebesar 41% selama tahun terakhir.

Portofolio platform media sosial Meta yang luas, termasuk Facebook, WhatsApp, dan Instagram, berkontribusi terhadap kinerjanya yang kuat, dengan pengguna aktif harian mencapai 3,19 miliar dan pengguna aktif bulanan mencapai 3,98 miliar pada bulan Desember 2023.

Penekanan perusahaan pada keterlibatan pengguna memfasilitasi peningkatan tayangan iklan sebesar 21% tahun-ke-tahun, meskipun ada sedikit penurunan harga iklan rata-rata. Selain itu, keputusan Meta untuk memulai dividen kuartalan sebesar $0,50 per saham semakin meningkatkan kepercayaan investor, menghasilkan lonjakan 20% dalam nilai sahamnya dan rekor kenaikan kapitalisasi pasar sebesar $196 miliar dalam satu sesi.

Prospek Masa Depan dan Peluang Pertumbuhan

Meta mengantisipasi penjualan Q1 antara $34,5 miliar dan $37 miliar, dengan total pengeluaran untuk tahun 2024 yang diharapkan berkisar antara $94 miliar dan $99 miliar karena peningkatan biaya terkait infrastruktur dan investasi modal.

Meskipun investasi berkelanjutan dalam bisnis Reality Labs, yang melaporkan pendapatan sebesar $1,89 miliar pada tahun 2023 tetapi mengalami kerugian yang signifikan, Meta tetap optimis terhadap posisinya dalam lanskap metaverse yang berkembang, yang bertujuan untuk memanfaatkan keunggulan penggerak pertama.

Analis memproyeksikan Meta untuk mencapai pertumbuhan pendapatan sebesar 20% menjadi $158 miliar pada tahun 2024 dan 12,5% menjadi $178 miliar pada tahun 2025, dengan laba bersih per saham yang disesuaikan diperkirakan meningkat dari $14,87 pada tahun 2023 menjadi $22,90 pada tahun 2025. Pada tahun 2028, laba diharapkan mencapai $48 per saham.

Berdasarkan penilaian pendapatan maju sebesar 25x, Meta berpotensi memberikan pengembalian 150% dalam empat tahun ke depan, memposisikannya pada kapitalisasi pasar sebesar $3 triliun pada akhir tahun 2027.

Sentimen Analis dan Kesimpulan

Dengan 39 dari 44 analis merekomendasikan “beli kuat” untuk saham Meta dan harga target rata-rata $497,48, yang menunjukkan potensi kenaikan 6% dari level saat ini, sentimen investor tetap sangat positif mengenai prospek Meta.

Meskipun tantangan tetap ada, kinerja Meta yang kuat, investasi strategis, dan prospek pertumbuhan yang optimis menjadikannya peluang investasi jangka panjang yang menarik, dengan potensi untuk mencapai tonggak sejarah yang signifikan, termasuk mencapai kapitalisasi pasar sebesar $3 triliun pada tahun 2027.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.