Modal Positif untuk Hadapi Uruguay

 

TIM nasional Brasil kembali tampil gemilang dalam kualifikasi Piala Dunia 2020 zona ­Amerika Selatan, kemarin dini hari WIB. Bermain di Estadio Cicero Ponpeu de Toledo, Sao Paolo, Brasil, Tim Samba sukses memenangi laga 1-0 berkat gol tunggal Roberto Firmino.

Hasil itu membuat Brasil berada di puncak klasemen dengan raihan 9 poin setelah bermain tiga kali tanpa kalah. Brasil pun kemudian harus bersiap menghadapi Uruguay pada pekan mendatang. Seperti Brasil, Uruguay, kemarin,  juga memperoleh poin penuh setelah menang 3-0 atas Kolombia. “Kami tahu bahwa pertandingan melawan Uruguay selalu merupakan perang,” kata bek Brasil Marquinhos.

“Kami harus pergi ke sana dengan persiapan karena ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Mereka ialah tim yang kuat, dengan tradisi, dengan kualitas, dengan pertahanan yang hebat. Kami akan bekerja selama beberapa hari ke depan sehingga kami bisa pergi ke sana dan bermain dengan baik dan meraih poin di luar kandang,” sambung dia.

Sementara itu, Uruguay kemarin menang melalui tiga gol yang dicetak oleh Edinson Cavani, Luiz Suarez, dan Darwin Nunez. Uruguay kini berada di peringkat keempat dengan selisih 3 poin dari Brasil.
“Ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Uruguay memiliki kemenangan penting hari ini (kemarin), tetapi kami tahu apa yang kami mampu,” kata gelandang Brasil Allan.

Namun, pemain Everton ini optimistis Uruguay akan bermain lebih positif daripada Venezuela yang memainkan negative football dan itu berarti akan lebih banyak peluang gol tercipta serta tontonan yang lebih menarik bagi para penggemar yang menonton di rumah.

“Saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang sangat berbeda melawan Uruguay. Mereka akan datang dan bermain dan itu akan memberi ruang bagi penyerang kami untuk berkreasi,” kata Allan.

Meski demikian, prediksi yang dilontarkan Allan akan sulit terjadi terlebih rekannya, Neymar, belum juga pulih dari cedera. Neymar seperti diketahui mengalami cedera kaki dan telah disebutkan harus menjalani waktu pemulihan yang panjang.

“Kami berharap dia masih bisa bermain, itu sebabnya kami membawanya ke Brasil,” kata dokter timnas Brasil, Rodrigo Lasmar. “Kondisi kesehatannya memang meningkat, tetapi masih belum siap untuk bermain melawan Uruguay. Karena itu, kami memutuskan untuk melepas Neymar,” tambahnya.

Jadi pahlawan

Performa apik ditunjukkan salah satu bintang tim nasional Cile, Arturo Vidal, yang sukses mengantarkan timnasnya pada kemenangan 2-0 laga kontra Peru. Dia menyumbang dua gol dalam laga itu yang berlangsung di Estadio Nacional Julio Martinez Pradanos.

Sejak laga dimulai, Cile telah menunjukkan dominasinya. Gol pertama Vidal berhasil dicetak dari jarak 24 meter di luar kotak penalti.

Setelah berselang lima belas menit berikutnya, gol kedua untuk Cile kembali dipersembahkan Vidal. Gol itu berasal dari sebuah perebutan bola di depan gawang kiper Peru Pedro Gallese. Mulanya bola di sundul oleh satu pemain Peru untuk membawa bola keluar kontak penalti. Namun, sayangnya bola justru mengarah ke kaki Vidal yang langsung dieksekusi dengan sukses. (Medcom/Ant/R-3)