Muba Targetkan 11.597 Tenaga Kependidikan Divaksin

 

PEMERINTAH Kabupaten Musi Banyuasin mengalokasikan vaksin Covid-19 kepada 3.200 tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan. Vaksinasi bagi tenaga di bidang kependidikan dilakukan secara bertahap

"Seluruh guru dan tenaga kependidikan akan diberikan vaksin secara bertahap. Dari total 11.597 guru dan tenaga kependidikan di Muba, hari ini dilakukan vaksinasi serentak kepada 3.200 orang tersebar di 15 kecamatan dalam Kabupaten Muba," kata Kepala Dinas Kesehatan, Azmi Dariusmansyah, Senin (29/3).

Azmi menyebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Muba telah berlangsung hampir dua bulan dan baru 5 persen terealisasi dari jumlah penduduk Muba. Pelayanan vaksin di Kabupaten Muba dilakukan dengan strategi berbasis komunitas atau kelompok dalam masyarakat sehingga jangkauan pelaksanaan vaksinasi dapat terlaksana hingga seluruh lapisan masyarakat.

"Setelah vaksinasi massal terhadap guru diberikan, target selanjutnya adalah pedagang, pengemudi angkutan umum, sopir travel, ojek. Vaksinasi dilakukan dengan mendatangi sasaran, bekerjasama dengan dinas terkait untuk pendataan dan mobilisasi sasaran yang akan divaksin," kata dia.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan kekebalan komunitas akan terbentuk apabila 80 persen warga masyarakat di daerah atau negara sudah divaksinasi. Karena itu ia meminta seluruh lapisan masyarakat mau menjalani vaksin Covid-19.

"Vaksin bukan saja melindungi diri sendiri tapi juga orang-orang di sekitar kita terutama keluarga. Baru 5 persen artinya baru sedikit sekali. Kita doakan secepatnya vaksin tercukupi, jalur distribusinya aman dan kesiapan warga serta pemerintah juga aman," kata Dodi. (OL-15)