Nadal Gagal Pertahankan Gelar di Italia Terbuka

PETENIS Spanyol Rafael Nadal gagal melangkah ke semifinal turnamen Italia Terbuka 2020. Pada turnamen pemanasan jelang grand slam Prancis Terbuka 2020 tersebut, Nadal yang merupakan ungggulan dua dan juara bertahan, hanya mampu bertahan hingga perempat final.

Menghadapi petenis unggulan delapan asal Argentina, Diego Schwartzman, Nadal yang merupakan juara sembilan kali Italia Terbuka, menyerah dua set langsung dengan skor 2-6, 5-7.

Hasil di Italia Terbuka 2020 ini menjadi modal buruk Nadal sebelum tampil di Roland Garros, arena Prancis Terbuka, pekan depan. Terlebih, ini merupakan turnamen pertama yang diikuti Nadal dalam enam bulan terakhir. Pada AS Terbuka 2020, Nadal absen.     

Di sisi lain, kemenangan atas Nadal membuat Schwartzman menjaga asa untuk merebut gelar perdana tahun ini. Di semifinal, Schwartzman akan menghadapi Denis Shapovalov. Unggulan ke-12 asal Kanada itu lolos ke semifinal setelah menyingkirkan petenis Bulgaria Grigor Dimitrov di semifinal dengan 6-2, 3-6, 6-2.

Laga semifinal lainnya akan mempertemukan unggulan utama Novak Djokovis asal Serbia dan petenis Norwegia Casper Ruud. Dengan tersingkirnya Nadal, peluang Djokovic untuk menjadi juara ternuka lebar. Petenis peringkat satu dunia itu telah empat kali menjadi juara Italia Terbuka. (R-1)