Netflix Mencapai Kesepakatan untuk Eksklusif Menyiarkan WWE Raw

WWE Raw

(SeaPRwire) –   Netflix (NASDAQ: NFLX) telah melakukan lompatan signifikan ke acara langsung, dengan mengamankan kesepakatan hak siar melebihi $5 miliar untuk menjadi rumah eksklusif World Wrestling Entertainment (WWE) mulai Januari 2025. Dalam kemitraan 10 tahun yang menjadi tonggak, Raw akan tersedia untuk streaming di Netflix di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Amerika Latin, dan wilayah terpilih lainnya.

Kerja sama ini melampaui Raw, karena Netflix akan secara eksklusif menyiarkan semua acara dan acara khusus WWE, termasuk SmackDown, bersama dengan acara bayar per peristiwa langsung seperti WrestleMania dan Royal Rumble, secara eksklusif di luar AS.

Pengumuman ini segera berdampak pada TKO Group Holdings (NYSE: TKO), perusahaan induk WWE, dengan saham melonjak 21% dalam perdagangan awal. Sebaliknya, saham Netflix tetap datar.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Netflix memegang opsi untuk memperpanjang kemitraan selama 10 tahun tambahan atau memilih keluar setelah 5 tahun pertama. Langkah strategis ini sejalan dengan upaya Netflix ke acara langsung, yang dimulai dengan eksperimen seperti khusus stand up komedian Chris Rock, “Selective Outrage”, dan program olahraga yang sukses seperti serial dokumenter Formula 1, “Drive to Survive”, dan serial dokumenter golf, “Full Swing”.

Pada bulan Oktober, Netflix menyelenggarakan acara olahraga langsung pertamanya, “The Netflix Cup”, yang menampilkan atlet dari serial dokumenter olahraganya.

Evolusi Netflix ke olahraga langsung dan acara merupakan pergeseran dari pandangan CEO Ted Sarandos sebelumnya bahwa platform itu “berada di bisnis olahraga” dan fokus pada drama olahraga daripada pertandingan langsung.

Mark Shapiro, presiden TKO, memuji Netflix karena dengan mulus menggabungkan program olahraga langsung dengan hiburan, menyebut kesepakatan Raw “transformatif.” Langkah ini tidak hanya memperluas jangkauan WWE tetapi juga membawa tontonan rutin ke Netflix.

Raw, yang ditayangkan setiap Senin, menempati posisi teratas di jaringan USA Network milik Comcast, menarik 17,5 juta penonton unik setiap tahunnya sejak debut pada tahun 1993. Audiens konsisten ini dianggap berharga bagi Netflix untuk memperkuat layanan streaming berbasis iklan (AVOD)nya.

Kesepakatan Comcast untuk Raw, yang berakhir tahun ini, menyaksikan acara itu menerima sekitar $265 juta setiap tahun untuk hak siar. Penggabungan WWE dengan Grup Endeavor UFC untuk membentuk TKO Group Holdings tahun lalu, yang dinilai $21 miliar, memperkuat posisinya sebagai pemain utama dalam gulat dan hiburan. Kemitraan dengan Netflix merupakan langkah strategis bagi kedua perusahaan di lanskap yang dinamis dari streaming langsung dan hiburan olahraga.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.