Nvidia Hampir Menyalip Amazon dalam Nilai Pasar, Mengendarai Antusiasme AI

Nvidia Stock

(SeaPRwire) –   Didorong oleh semangat Wall Street terhadap kecerdasan buatan (AI), Nvidia (NASDAQ:NVDA) berada di ambang di Amazon (NASDAQ:AMZN) dalam nilai pasar untuk pertama kalinya dalam dua dekade, dengan produsen chip AI yang mengikuti pemilik Google Alphabet (NASDAQ:GOOGL).

Dengan kenaikan 40% yang luar biasa dalam saham Nvidia sejauh ini di tahun 2024, kapitalisasi pasarnya telah mencapai $1,715 triliun pada perdagangan tengah hari pada hari Rabu. Ini menempatkannya hanya sekitar 3% di bawah nilai Amazon sebesar $1,767 triliun dan kurang dari 6% di bawah nilai Alphabet sebesar $1,812 triliun, menurut data LSEG.

Saham Nvidia mengalami peningkatan 1,8% menjadi $694,48 setelah laporan optimis dari Morgan Stanley. Perusahaan investasi tersebut menaikkan target harga dari $603 menjadi $750, mengutip lonjakan berkelanjutan dalam permintaan AI.

Telah meningkat tiga kali lipat nilainya pada tahun 2023, Nvidia saat ini berdiri sebagai perusahaan paling berharga kelima di pasar saham A.S.

Nvidia telah muncul sebagai penerima manfaat utama dalam perlombaan industri teknologi untuk mengintegrasikan AI ke dalam produk dan layanannya. Khususnya, Meta Platforms (NASDAQ: META) dan pemain teknologi besar lainnya telah menginvestasikan miliaran dolar pada prosesor grafis Nvidia.

Namun, pengembang AI menghadapi tantangan dalam mengakses prosesor Nvidia karena daftar tunggu selama berbulan-bulan melalui penyedia komputasi awan. Meskipun demikian, waktu tunggu ini berangsur-angsur berkurang, seperti yang disorot oleh analis Morgan Stanley, Joseph Moore.

Terakhir Nvidia melampaui Amazon dalam hal nilai terjadi pada tahun 2002 ketika kedua perusahaan tersebut bernilai di bawah $6 miliar.

Dalam perkembangan lain, Microsoft (NASDAQ: MSFT) baru-baru ini melampaui Apple (NASDAQ: AAPL) untuk mengklaim sebagai perusahaan paling berharga di dunia. Di antara perusahaan publik paling berharga di dunia, Microsoft dan Apple diikuti oleh raksasa minyak negara Bagian Saudi Aramco (2222.SE), Alphabet, dan Amazon.

Sementara Saudi Aramco membanggakan kapitalisasi pasar $2 triliun, menjadikannya perusahaan publik paling berharga ketiga di dunia, sebagian besar perusahaan dimiliki oleh pemerintah, dengan hanya sebagian kecil yang tersedia untuk diperdagangkan oleh investor.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.