Nvidia Melewati Amazon dalam Nilai Pasar

Nvidia Stock

(SeaPRwire) –   Nvidia Corp. (NASDAQ:NVDA) telah mencapai pencapaian penting pada hari Senin dengan melampaui Amazon.com Inc. (NASDAQ:AMZN) dalam nilai pasar, menandai pencapaian terbaru dalam pendapatan yang luar biasa didorong oleh permintaan yang meroket untuk chip penting dalam komputasi kecerdasan buatan.

Selama sesi perdagangan hari Senin, Nvidia mengalami lonjakan hingga 2,9%, mendorong nilai pasarnya menjadi sekitar $1,83 triliun, melampaui Amazon sebesar $1,80 triliun, menurut data Bloomberg. Kenaikan ini sekarang memposisikan pembuat chip tersebut sebagai perusahaan keempat yang paling bernilai di Amerika Serikat, di belakang Alphabet dengan kapitalisasi pasar sebesar $1,85 triliun. Microsoft Corp. memiliki nilai $3,11 triliun, sementara Apple berada di angka $2,9 triliun.

Peter Garnry dari Saxo Bank menyatakan, “Amazon sebenarnya termasuk pemenang di musim pendapatan saat ini karena prospek Amazon membaik. Nvidia baru saja menaiki gelombang investasi pertama dari ledakan AI saat ini dengan pengeluaran modal besar yang digunakan di pusat data.”

Setelah mengalami periode konsolidasi pada paruh kedua tahun 2023, saham Nvidia mengalami lonjakan di tahun baru, naik hampir 50%. Lonjakan ini didorong oleh indikasi permintaan yang berkelanjutan untuk chip-nya, terutama di pusat data yang melayani kebutuhan komputasi rumit dari aplikasi AI. Nilai pasar Nvidia telah melonjak sekitar $600 miliar sejak awal tahun, melampaui keuntungannya selama tujuh bulan terakhir tahun 2023.

Meskipun kinerja Nvidia luar biasa, Amazon juga memulai tahun dengan catatan positif. Raksasa e-commerce tersebut menyaksikan lonjakan 8% dalam sahamnya minggu lalu setelah penjualan yang kuat pada kuartal keempat dan memberikan perkiraan profitabilitas yang melebihi perkiraan. Reli ini secara singkat mendorong nilai pasar Amazon di atas Alphabet.

Nvidia Corp. tetap menjadi perusahaan teknologi terakhir yang melaporkan pendapatan, dijadwalkan rilis pada 21 Februari.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.