Pastikan Masyarakat Tegakkan Disiplin 3M

 

HARI ini genap dua pekan Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan bersama Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo untuk menangani pandemi di sembilan provinsi dengan tingkat penularan tertinggi.

Dalam kaitan itu, juru bicara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan bahwa ke depan, Luhut tengah memastikan agar masyarakat dapat disiplin melakukan protokol covid-19 demi mencegah terjadinya peningkatan kasus covid-19.

“Selain memastikan penegakan disiplin terhadap 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) di lapangan, Pak Menko juga terus memastikan implementasi protokol tata laksana klinis pasien covid-19 termasuk sosialisasi dan monitoringnya,” jelasnya saat dihubungi semalam.

Para dokter yang tergabung di berbagai perhimpunan profesi, lanjut Jodi, juga ikut membantu sosialisasi dan implementasi di rumah sakit rujukan terutama di 9 provinsi.

Luhut juga akan mengoordinasikan penyediaan obat-obatan maupun peralatan yang dibutuhkan para pasien penderita covid-19.

Sementara itu, saat dihubungi secara terpisah, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, enggan berkomentar.

“Dengarkan saja besok (hari ini) update-nya secara resmi oleh pemerintah,” katanya.

Presiden Joko Widodo menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan dan Doni Monardo untuk bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam menangani kasus covid-19 di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, dan Bali. Sembilan daerah tersebut menjadi perhatian pemerintah karena menyumbang 75% dari kasus covid-19 di Tanah Air.

“Ada sejumlah target yang ditetapkan Presiden Jokowi dalam penugasan tersebut, yaitu menurunkan penambahan kasus harian, peningkatan angka kesembuhan, serta penurunan angka kematian,” tandasnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, hingga kemarin siang terjadi penambahan kasus positif covid-19 mencapai 3.874 orang, sehingga totalnya menjadi 275.213 kasus. (Des/Aiw/X-7)