Penghuni Rusunawa Bebas Uang Sewa

 

PEMERINTAH baik pusat maupun daerah terus berupaya meringankan beban masyarakat yang secara ekonomi terdampak pandemi virus korona melalui berbagai kebijakan. Diharapkan, beban mereka menjadi tidak terlalu berat. 

Salah satu kebijakan untuk meringankan kesulitan masyarakat diambil Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) dengan membebaskan
uang sewa bagi para penghuni rumah susun sewa (rusunawa) selama tiga bulan terhitung mulai Maret 2020. Rusunawa yang bebas sewa meliputi Rusunawa Gunungsari, SIER, Jemundo, dan Sumur Welut.

“Penyewa rusunawa tersebut dibebaskan sewanya,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Ka wasan Permukiman, dan Cipta Karya Pemerintah Provinsi Jawa Timur Bayu Trihaksoro di Surabaya, kemarin.

Jumlah total seluruh rusunawa yang digratiskan selama tiga bulan sebanyak 772 unit dengan tarif  Sewa bervariasi. Dari jumlah itu,
248 unit di antaranya berada di Rusunawa Gunungsari. Di Rusunawa Jemundo terdapat 57 unit, Rusunawa SIER ada 60 unit, dan di Rusunawa Sumur Welut tercatat sebanyak 407 hunian.

“Dengan pembebasan biaya sewa itu, kami harap penghuni dapat memanfaatkan uang mereka untuk kebutuhan lain,” kata Bayu. Upaya lainnya yang dilakukan pemerintah ialah dengan mempercepat penyaluran bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH).

PKH untuk triwulan kedua yang seharusnya dilakukan Juni mendatang dibagikan lebih awal pada April ini. Menurut Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Banyumas, Jawa Tengah, Kartiman, selain mempercepat pembagian bantuan dana PKH, pemerintah pada April ini juga bakal mencairkan bantuan pangan nontunai (BPNT) yang alokasinya telah ditambah menjadi Rp200 ribu dari semula Rp150 ribu per bulan.

Sementara itu, seluruh anggota DPRD dari Partai Golkar tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
merelakan gaji mereka dipotong untuk upaya mempercepat penanganan covid-19. Wakil Ketua DPD Golkar DIY Bidang Organisasi John Keban dalam keterangan tertulis menyebutkan gaji anggota DPRD Provinsi DIY dipotong sebesar 70% dari take home pay, sedangkan anggota DPRD kabupaten dan kota sebesar 50%.

Pemotongan dilakukan setiap tanggal 5, mulai April ini. “Berapa bulan pemotongan gaji dilakukan? Sampai penanganan wabah covid-
19 tuntas,” kata John.

Bantuan sayuran

Pemkab Temanggung, Jawa Tengah, kini tengah menghitung dan memilah kembali anggaran yang bisa dialokasikan untuk membantu memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. Seperti halnya di daerah lain, para buruh, pekerja harian, pedagang, dan masyarakat miskin terkena dampak langsung pandemi itu.

Bulog Subdivisi Regional Pekalongan, Jawa Tengah, mulai mendistribusikan bantuan sembako murah bagi warga yang terdampak
pemberlakuan isolasi wilayah. Paket sembako dijual seharga Rp76 ribu dan Rp86 ribu per paket. Berbeda dengan daerah lain, Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat, menyalurkan 6 ton sayuran bagi masyarakat. Sayuran diturunkan di Nagari/Kecamatan Lubuk Basung. (LD/AT/TS/JI/YH/YK/N-1)