Penjualan Suku Cadang Meningkat

 

BERGERAKNYA aktivitas ekonomi menyebabkan permintaan akan suku cadang kendaraan bemotor kembali meningkat.

Parts & Accessories Department Head PT Astra International Tbk-Isuzu, Dedi Santosa, di Jakarta, Rabu (12/8), mengatakan penjualan suku cadang Isuzu dalam dua bulan terakhir mulai membaik.

Pada Juni 2020, penjualan suku cadang sudah mencapai 75% dari periode yang sama tahun lalu. Adapun di Juli telah meningkat menjadi 85%. Diharapkan pada Agustus 2020, penjualan suku cadang Isuzu akan menyamai penjualan pada periode yang sama tahun lalu.

Lebih lanjut Dedi mengutarakan, suku cadang yang paling banyak diminta konsumen ialah yang fast moving seperti filter oli, filter udara, kampas rem, dan kampas kopling. Sementara itu, pendapatan dari suku cadang memberikan kontribusi sebesar 25% dari pendapatan Isuzu dan servis memberikan kontribusi sebesar 35%.

“Jadi memang after sales service merupakan kunci utama. Karena itu, kami sangat concern. Apalagi, tingkat kompetisinya juga rendah,” tandasnya.

Saat ini ada 1.800 gerai suku cadang Isuzu yang siap melayani berbagai kebutuhan konsumen di seluruh Indonesia. Sejak April lalu pihaknya telah memberikan diskon untuk servis dan pembelian suku cadang.

Khusus untuk Agustus ini, Isuzu memberikan potongan harga untuk pembelian suku cadang sebesar 7,5%, diskon jasa servis 35%, dan pembelian oli mendapatkan diskon 25%.

Ketua Gabungan Aftermarket Otomotif Indonesia (Gatomi) Ayong Jeo mengaku pandemi covid-19 turut berdampak pada sektor after market.

Selama PSBB penjualan suku cadang anjlok sekitar 80% dari periode sebelum pandemi. Namun, saat pelonggaran aturan PSBB atau masa transisi, penjualan sudah membaik. Persentase penurunan penjualan hanya sekitar 40% dari periode sebelum pandemi. (RO/E-1)