Perubahan Perilaku Masyarakat Jadi Ujung Tombak

 

TIM Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah menyampaikan bahwa perubahan perilaku masyarakat menjadi ujung tombak  dalam pencegahan penularan  covid-19. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa tindakan yakni  membersihkan tangan secara teratur dengan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 40-60 detik atau menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol (hand sanitizer) minimal 20 – 30 detik.

"Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak bersih," kata dr Caroline Ivonne dari Tim Komunikasi Publik Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dalam keterangan resmi, Minggu (25/10).

Selain itu menurut dr. Caroline , gunakan  masker kain atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut jika harus keluar rumah, menjaga jarak  minimal 1 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplet.

"Segera mandi setelah melakukan aktivitas luar rumah sebelum kontak dengan anggota keluarga serta tingkatkan selalu daya tahan tubuh dengan makanan bergizi dan istirahat yang cukup," pintanya.

baca juga: Santun Menyosialisasikan Protokol Kesehatan

Jika memiliki gejala batuk bersin, pakailah masker medis. Gunakan masker dengan tepat, tidak membuka tutup masker dan tidak menyentuh permukaan masker.

"Jika berlanjut segera berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan," pungkasnya. (OL-3)