Polda DIY Perketat Pengamanan Gereja

 

POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan memperketat pengamanan seluruh gereja selama rangkaian perayaan Hari Raya Paskah 2021 di daerah itu. Pengamanan dilakukan bersama TNI maupun pamswakarsa.  

"Mudah-mudahan dari sekian gereja yang ada di masing-masing kabupaten bisa kita amankan. Kita juga bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait baik dari TNI maupun pamswakarsa. Kami juga gunakan sekuriti masing-masing gereja untuk mengamankan," kata Wakil Polda DIY Brigjen R Slamet Santoso, Rabu (31/3).

Slamet mengatakan Polda DIY telah menggelar rapat koordinasi khusus untuk persiapan pengamanan selama rangkaian Paskah. Mulai dari Kamis putih, Jumat agung, serta Sabtu dan Minggu Paskah. "Mulai dari (tindakan) premetif, preventif, dan penegakan hukum sudah kami siapkan semua," kata dia.
 
Selain itu, jajaran kepolisian dari Satbrimob Polda DIY juga akan melalukan sterilisasi melalui penyisiran di sejumlah gereja besar di DIY. "Setelah sterilisasi dari Brimob baru kita serahkan kembali kepada masing-masing gereja," kata Slamet.

Untuk pengamanan intensif di lapangan, menurut Slamet, akan lebih banyak didominasi jajaran kepolisian dari masing-masing polres yang akan dibantu kekuatan dari Satbrimob dan Dit Shabara Polda DIY. "Apabila ada kekurangan dari Shabara dan dari Brimob, kami sudah siapkan," kata dia. (Ant/OL-15)