Politik dan Hukum

 

PENGAMAT militer, Susaningtyas Kertopati, mengatakan bahwa Kabinda Papua, Brigjen TNI I Putu Dani Nugraha Karya yang gugur akibat baku tembak dengan KKB di Papua merupakan pahlawan bangsa dan negara.

"Gugurnya Kabinda Papua beberapa jam lalu adalah sebagai pahlawan kusuma bangsa membela persatuan kesatuan Indonesia. Kabinda Papua dalam rangka menjalankan tugas pemulihan keamanan paska gangguan keamanan kepada masyarakat di Beoga Puncak. Semoga husnul khotimah," tutur Susaningtyas, Minggu (26/4).

Susaningtyas mengatakan pihaknya mendapat penjelasan dari BIN yang menyebut Brigjen TNI, I Gusti Putu Dani Nugraha Karya ke Kp. Dambet Distrik Beoga, Kabupaten Puncak (lokasi penembakan) dalam rangka mengamankan situasi di Distrik Beoga oleh Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri.

"Sekira Pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dihadang oleh Pok KSP sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kp. Dambet Distrik Beoga Kab. Puncak," ucapnya.

baca juga: Penembakan Papua

Akibat kontak tembak tersebut Satgas BIN, Kabinda Papua Papua Brigjen Putu Danny Nugraha Karya tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan Gugur sebagai Kusuma Bangsa. Saat ini, lanjut Susaningtyas, aparat kepolisian dan TNI sedang melakukan evakuasi dan besok, Senin (26/4) direncanakan jenazah akan dibawa ke Timika. (OL-3)