Porsche 550ne Spyder Concept dan James Dean

 

PRODUSEN spesialis mobil sport Porsche memiliki kebiasaan unik. Mereka membangun sejumlah mobil konsep, tetapi tidak pernah diperlihatkan ke publik selama bertahun-tahun. Salah satunya ialah mobil konsep Porsche 550ne yang dibangun pada 2008 silam.

Satu-satunya Porsche 550ne yang dijuluki The Little Bastard ini mengacu pada desain asli Porsche 550 yang ditunggangi aktor legendaris James Dean. Dean yang juga punya hobi balap mobil itu meninggal di usia 24 tahun dalam sebuah kecelakaan tragis pada 1955 saat menunggangi Porsche 550 Spyder.

Little Bastard merupakan julukan Dean yang kemudian dituliskan di bagian belakang Porsche 550 Spyder-nya. Sosok idola remaja AS itu tewas di saat ia baru memulai karier balapnya.

Pria bernama lengkap James Byron Dean merupakan aktor kelahiran AS, tepatnya di Marion, sebuah kota kecil Indiana pada 8 Februari 1931. Ia sangat terkenal di era 1950-an berkat aktingnya baik di layar kaca, panggung teater Broadway, maupun di layar lebar. Bahkan di perjalanan singkat hidupnya, ia berhasil menjadi sosok ikonis hingga saat ini.

Mobil konsep Porsche 550ne yang tak pernah ditampilkan ke publik selama bertahun-tahun ini akhirnya diperlihatkan oleh desainer mobil legendaris Walter Da Silva di akun media sosial pribadinya dalam tiga gambar, yaitu gambar bagian depan, belakang, dan sebagian interiornya.

Ketiga gambar itu ditampilkan oleh Da Silva beserta caption singkat yang menyatakan bahwa mobil prototipe yang dibuat pada 2008 itu merupakan pesanan dari mendiang Prof Dr Ing Ferdinand Piech (mantan CEO Volkswagen Group) yang wafat pada 25 Agustus 2019 lalu.

Dalam caption singkatnya juga disebutkan bahwa Porsche 550one ‘si Bajingan Kecil’ ini dirancang oleh tim desainer Peter Wauda, Christian Felske, dan Romi Rost, yang di pimpin langsung Walter Da Silva.

Tidak ada keterangan resmi soal spesifikasinya. Namun, jika dilihat sepintas, 550ne dipastikan mengusung mesin boxer khas Porsche yang ditempatkan di bagian tengah (mid engine) cenderung ke belakang dan berpenggerak roda belakang. Hal ini terlihat dari kisi-kisi lubang udara di bagian kap belakang dan pada bagian samping di belakang pintunya.

Transmisi manual

Mobil sport dengan lubang knalpot tunggal ini, juga dilengkapi dengan transmisi manual yang terlihat dari tampilan tongkat persneling serta tiga pedal di bagian kaki ruang pengemudinya.

Mobil dua pintu, dua tempat duduk tersebut memiliki desain kabin yang sederhana, tetapi tetap terlihat sangat keren dengan sepasang jok model bucket. Warna eksteriornya pun sengaja dibuat serupa dengan tunggangan Dean.

Bedanya, Porsche 550ne tampil dengan sentuhan yang lebih modern meskipun tidak meninggalkan garis-garis klasik khas Porsche 550 Spyder aslinya.

Hingga saat ini tidak diketahui untuk tujuan apa mobil ini dibuat. Publik hanya menduga mobil ini menjadi sebuah monumen untuk mengenang kehebatannya sekaligus mengenang aktor legendaris James Dean. (Berbagai sumber/S-2)