Saham Meta Naik 20% Berkat Kinerja Keuangan yang Kuat, Rencana Pembelian Kembali Saham, dan Pembayaran Dividen

Meta Stock

(SeaPRwire) –   Meta Platforms (NASDAQ:META) mengalami lonjakan saham lebih dari 20% pada hari Jumat setelah merilis pendapatan yang lebih baik dari perkiraan, panduan yang kokoh, dan pengumuman pengembalian baru bagi pemegang saham. Reli tersebut memposisikan perusahaan untuk berpotensi menambah lebih dari $200 miliar pada kapitalisasi pasarnya, yang menetapkan rekor pasar saham potensial.

Dengan perdagangan saham sekitar $475 pada hari Jumat, kapitalisasi pasar Meta melampaui $1,2 triliun, yang menunjukkan pemulihan yang signifikan dari posisi terendahnya pada tahun 2022 ketika saham tersebut jatuh hingga serendah $90.

Pada kuartal keempat, Meta melaporkan pendapatan per saham (EPS) yang disesuaikan sebesar $5,33 dengan pendapatan sebesar $40,11 miliar, melampaui ekspektasi analis untuk EPS yang disesuaikan sebesar $4,94 dengan pendapatan sebesar $39,01 miliar. Pendapatan iklan perusahaan mencapai $38,7 miliar, mengalahkan ekspektasi, dan melaporkan 2,11 miliar pengguna aktif harian Facebook, melampaui 2,07 miliar yang diantisipasi.

Sebagai bagian dari inisiatif pengembalian bagi pemegang saham, Meta meningkatkan otorisasi pembelian kembali saham sebesar $50 miliar dan menginisiasi dividen kuartalan sebesar $0,50 per saham. Kinerja keuangan positif perusahaan dan inisiatif yang mendukung pemegang saham berkontribusi pada lonjakan harga sahamnya yang signifikan.

Sementara divisi Reality Labs Meta, yang difokuskan pada visi metaverse, melaporkan kerugian sebesar $4,65 miliar, naik dari tahun sebelumnya, namun melampaui ekspektasi pendapatan, mencapai $1,07 miliar dibandingkan dengan $812 juta yang diantisipasi.

Investor telah memantau dengan seksama perkembangan Meta dalam AI generatif, dengan CEO Mark Zuckerberg mengungkapkan strategi jangka panjang untuk mengembangkan kecerdasan buatan umum dan menjadikannya open source. AI generatif, yang mampu berpikir dan belajar seperti manusia lintas berbagai konsep, telah menjadi titik fokus usaha Meta.

Ke depannya, Meta memperkirakan total pengeluaran pada tahun 2024 berkisar antara $94 miliar hingga $99 miliar, yang menekankan peningkatan investasi pada biaya penggajian karena perusahaan memperluas tenaga kerjanya dalam peran teknis yang lebih mahal di tengah inisiatif yang difokuskan pada AI.

Meskipun ada tantangan dan pengeluaran, saham Meta telah berada dalam tren yang mengesankan selama 12 bulan terakhir, melonjak 121% dan mengungguli rekan-rekan teknologi besar seperti Apple (NASDAQ:AAPL), Google (NASDAQ:GOOG), Microsoft (NASDAQ:MSFT), dan Amazon (NASDAQ:AMZN). Pada bulan Januari, kapitalisasi pasar Meta sekali lagi melampaui angka $1 triliun.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.