Saham Microsoft Siap Melampaui Nilai Pasar Apple di Pasar Saham

Microsoft Stock

(SeaPRwire) –   Dalam konsensus di antara 13 investor institusional, Microsoft (NASDAQ: MSFT) diperkirakan akan mengalahkan Apple (NASDAQ: AAPL) dalam hal nilai pasar dalam waktu lima tahun ke depan, terutama karena keunggulan awalnya dalam kecerdasan buatan (AI). Saham Microsoft telah melonjak 7% pada tahun 2024, mendorong nilai pasarnya melampaui $3 triliun dan menyalip Apple sebagai perusahaan paling bernilai di dunia.

Para investor, terdiri dari para ahli strategi dan manajer portofolio, sepakat bahwa Microsoft diperkirakan akan mengalahkan Apple dalam hal nilai pasar lima tahun ke depan. Meskipun harga saham dan valuasi mungkin akan berfluktuasi selama pengumuman kuartalan berikutnya dari kedua perusahaan, para investor yakin langkah-langkah Microsoft baru-baru ini dalam AI generatif memberinya keunggulan signifikan atas Apple dalam jangka panjang.

Beberapa investor menyarankan bahwa persaingan antara Apple dan Microsoft mungkin akan berubah menjadi persaingan untuk peringkat kedua, dengan Nvidia memperoleh kemajuan substansial. Chip Nvidia telah memainkan peran penting dalam revolusi AI, dan kinerja perusahaan baru-baru ini luar biasa. Microsoft, yang telah berinvestasi dini pada OpenAI, pencipta ChatGPT, dan mengintegrasikan teknologi AI generatif di seluruh bisnisnya, berada pada posisi yang baik untuk memanfaatkan pasar AI yang tumbuh. Kemajuan AI diharapkan dapat meningkatkan penawaran cloud computing Microsoft, menempatkannya dalam persaingan dengan Amazon dan Alphabet.

Para investor menekankan portofolio yang beragam milik Microsoft, termasuk cloud Azure, gaming, perangkat lunak enterprise, dan AI, sebagai faktor yang berkontribusi pada keunggulannya. Di sisi lain, Apple, sangat bergantung pada iPhone, menghadapi tantangan di pasar smartphone yang matang. Rencana perusahaan di bidang AI dengan antusias ditunggu-tunggu, dan kesulitan baru-barunya di Tiongkok, di mana permintaan iPhone menurun, menambah kompleksitas.

Meskipun Apple telah mengintegrasikan AI ke dalam fungsi produk, keunggulan Microsoft dalam AI, khususnya AI generatif, dianggap lebih menarik. Saham Microsoft telah mengalami kenaikan yang kuat, dengan kenaikan 57% pada tahun 2023, dan rasio harga-laba ke depannya lebih tinggi daripada Apple dan S&P 500.

Para investor menyatakan keyakinan pada potensi pertumbuhan agresif Microsoft, dengan mengutip kemampuannya untuk meningkatkan produktivitas. Analis Wall Street sebagian besar positif terhadap Microsoft, dengan 50 analis yang merekomendasikan membeli sahamnya, sementara Apple memiliki campuran rekomendasi positif, netral, dan negatif.

Dengan perlombaan untuk menjadi perusahaan paling bernilai yang berlangsung, Nvidia juga muncul sebagai pesaing, dengan kapitalisasi pasarnya baru-baru ini melampaui $1,5 triliun, menjadikannya perusahaan kelima paling bernilai di Wall Street. Analis membandingkan trajektori Nvidia saat ini dengan Microsoft pada awal tahun 1990-an dan Intel pada awal tahun 1980-an, menempatkannya sebagai potensi pemimpin di tahun-tahun mendatang.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.