Satgas TNI Ciptakan Penjernih Air Bersih untuk Warga Kurima

 

ALAT penjernih air bersih kini sudah dimiliki masyarakat di pegunungan Distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo, Papua. Alat tersebut diciptakan oleh para prajurit Satuan Tugas TNI Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Yonif Para Raider 432 Kostrad.

Danpos Kurima Satgas Yonif Para Raider 432 Kostrad Letda Inf Denis Akbar mengatakan kreativitas prajurit Satgas PR 432 Kostrad bersama masyarakat mencoba membuat penjernih air dengan bermodal perlengkapan sederhana.

"Dengan terciptanya alat penjernih air tersebut diharapkan masyarakat Kurima tidak lagi mengalami kesusahan dalam mencari air bersih sehingga air yang layak konsumsi untuk digunakan," ungkap Danpos.

Baca juga: Menko PMK Sebut Ketersediaan Air Bersih Bisa Cegah Stunting

Diakuinya, filter air yang dibuat ini terdiri dari bahan-bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar sehingga ke depan masyarakat dapat membuat kembali filter tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

"Bahan-bahan yang digunakan membuat alat penjernih air bersih antara lain pasir, batu kerikil, dan arang," ucap Letda Denis Akbar.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kurima, Elius (65), mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada anggota TNI dari Satgas Yonif Para Raider 432 Kostrad yang mau mengajarkan pembuatan alat penjernih air kotor menjadi bersih.

Dari dulu, menurut Elius, masyarakat Kurima sangat sulit mencari air bersih untuk konsumsi kebutuhan keseharian warga.

"Dengan adanya alat penjernih air ini kami tidak lagi susah mendapat air bersih sehingga masyarakat Kurima dapat menciptakan hidup bersih dan sehat," ungkap Elius.(Ant/OL-5)