Situasi Sulit Mendera si Merah

 

KEHILANGAN inspirator serangan Mohamed Salah, yang positif covid-19, kian menyulitkan Liverpool saat menjamu Leicester City pada lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, dini  hari nanti. Namun, juru taktik ‘si Merah’ Juergen Klopp tidak ingin buang handuk.

“Sejauh kami turun dengan 11 pemain yang bisa tampil, kami akan bertarung untuk tiga poin dan akan kami lakukan,” tandas pelatih asal Jerman yang musim lalu mengantar Liverpool menjadi kampiun Inggris itu.

Saat menjamu Leicester yang menempati puncak klasemen dengan 18 poin, Liverpool yang hanya berselisih satu poin masih didera krisis pemain. Tambah­an tanpa Salah yang baru saja pulang dari negaranya, Klopp masih belum bisa menurunkan duo bek sentral Virgil van Dijk dan Joe Gomez.  Belum lagi Trent Alexander-Arnold dan kapten Jordan Henderson masih menjadi pesakitan akibat cedera.

Di kubu Leicester City, pelatih Brendan Rogers bakal mengefektifkan serangan trio Youri Tielemans, James Maddison, dan Jamie Vardy menggedor lini belakang the Reds. Semangat mempertahankan posisi teratas klasemen bakal menjadi pendorong pasukan the Foxes memberikan penampilan terbaik.

Bentrok teman lama mewarnai duel Napoli menjamu AC Milan pada lanjutan Seri A Liga Italia, dini hari nanti. Arsitek Napoli Gennaro Gattuso yang berambisi memenangi Scudetto harus menghadapi mantan rekannya,  Zlatan Ibrahimovic, yang masih membela sang penguasa klasemen sementara, AC Milan.

Ibrahimovic, 39, dan Gattuso, 42, bahu-membahu membawa  AC Milan memenangi gelar Scudetto terakhir mereka pada 2011 silam. Selepas itu, Juventus tampil dominan dan menjuarai Liga Italia sepanjang 10 tahun terakhir.

Saat ini Rossoneri–sebutan AC Milan–memuncaki klasemen sementara dengan 17 poin hasil tujuh kali main, unggul dua poin atas posisi kedua, Sassuolo. Diikuti Napoli yang hanya berjarak satu poin.

Gattuso yang membela AC Milan 13 tahun serta menukangi sepanjang 2017-2019, mencoba mengabaikan bayangan Scudetto jelang laga penting itu.

“Saya tidak ingin mendengar pembicaraan mengenai Scudetto,” tandas Gattuso yang diharapkan menghadirkan prestasi seperti kala Napoli juara pada 1990 silam.

Napoli percaya diri menjamu AC Milan karena mereka punya catatan apik dengan tidak pernah kalah sepanjang 11 bentrok terakhir.

Buang keunggulan

Di ajang Liga Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) membuang keunggulan dua gol dan akhirnya takluk dari tuan rumah AS Monaco dengan skor 2-3 dalam laga pekan ke-11 di Stadion Louis II, dini hari kemarin.

Di laga itu, PSG kembali dibela sang bintang Kylian Mbappe, yang langsung menyumbang dua gol. Mbappe menceploskan bola ke gawang Monaco di menit ke-25, dan eksekusi penalti di menit ke-37.

Hanya Monaco bangkit di babak kedua. Dua gol Kevin Volland menit ke-52 dan 65, berlanjut dengan gol penentu hasil penalti Cesc Fabregas di menit ke-81.

Monaco kini naik ke posisi kedua klasemen dengan koleksi 20 poin. Sebaliknya PSG masih tetap berkuasa dengan unggul empat poin. (AFP/R-2)