Tanda-tanda Ketidakpastian Potongan Suku Bunga Maret Fed Terhadap Indikator Ekonomi

FOMC Meeting

(SeaPRwire) –   Saat Federal Open Market Committee (FOMC) hari ini, spekulasi membayangi kemungkinan Fed memberikan sinyal untuk penurunan suku bunga pada bulan Maret. Saat ini, kisaran target suku bunga federal diharapkan akan dipertahankan di 5,25%-5,50%. Perhatian pasar terpusat pada isyarat mengenai dimulainya pemotongan suku bunga dan pengurangan Quantitative Tightening (QT).

Ekspektasi pasar dinilai untuk pemotongan suku bunga sebesar 25 basis poin selama pertemuan FOMC tanggal 30 April-1 Mei. Namun, waktu pemotongan ini dapat dipengaruhi oleh laporan mendatang tentang kondisi pasar tenaga kerja dan harga konsumen. Sementara pasar telah sepenuhnya merangkul kemungkinan pemotongan suku bunga, FOMC dapat menyesuaikan pernyataan kebijakannya hari ini, yang berpotensi menghapus bias pengetatan dan meletakkan dasar untuk pemotongan suku bunga di masa mendatang.

Frasa saat ini, “tingkat kebijakan pengetatan tambahan apa pun,” dapat diganti dengan “posisi kebijakan moneter yang sesuai” yang lebih dovish. Meskipun laporan ekonomi baru-baru ini menggambarkan pasar tenaga kerja AS yang kuat dan perekonomian yang bergeliat, tanda-tanda pelemahan di pasar tenaga kerja dan tekanan upah yang menurun telah muncul dalam laporan ekonomi hari ini. Laporan perubahan pekerjaan ADP bulan Januari menunjukkan laju perekrutan yang lebih lambat dari perkiraan, dan indeks biaya ketenagakerjaan Q4 mencerminkan kenaikan kuartalan terkecil dalam 2-1/2 tahun.

Pasar swap saat ini menetapkan peluang 65% untuk pemotongan suku bunga oleh The Fed pada pertemuan FOMC tanggal 19-20 Maret, dengan mengakui kekuatan ekonomi AS, yang telah mendorong kembali ekspektasi untuk pemotongan suku bunga. Namun, laporan ekonomi hari ini, yang menunjukkan melemahnya pasar tenaga kerja dan meredakan tekanan upah, dapat mendorong Fed untuk mempertimbangkan pemotongan suku bunga di bulan Maret. Komentar Ketua The Fed Powell hari ini, meskipun mempertahankan sikap hawkish, mungkin tidak meyakinkan, karena kesaksian Humphrey-Hawkins-nya pada akhir Februari atau awal Maret dapat memberikan sinyal yang lebih jelas tentang arah The Fed di masa mendatang.

Data survei dari distrik-distrik The Fed menunjukkan penurunan ekonomi yang lebih cepat dibandingkan dengan data konkret, yang berpotensi membuat pembuat kebijakan kurang percaya diri tentang pendaratan yang lunak. Ketidakpastian ini dapat mendorong The Fed untuk memangkas suku bunga pada bulan Maret sebagai tindakan pencegahan terhadap penurunan ekonomi, tergantung pada data yang masuk. Namun, The Fed dapat menjalankan kehati-hatian dan memilih untuk menunggu hingga pertemuan FOMC tanggal 30 April-1 Mei sebelum memulai pemotongan suku bunga.

Dengan latar belakang pasar saham yang mencapai rekor tertinggi, investor mungkin menunjukkan keraguan dalam mendorong saham lebih tinggi tanpa pemahaman yang jelas tentang kapan The Fed bermaksud untuk memulai pemotongan suku bunga. Indikator ekonomi yang berlaku dan sikap FOMC kemungkinan akan membentuk sentimen pasar dalam beberapa minggu mendatang.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.