Tetap Cantik dan Bergaya Saat Pandemi

 

TREN kecantikan dan fesyen pada 2021 disebut masih akan relevan dengan situasi pandemi covid-19. Hal itu diungkapkan Beauty, Health and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia Jessica Gunawan dan beauty vlogger Indonesia Ririe Prameswari.

Dalam analisis mereka, pandemi mendorong terciptanya tren baru di masyarakat, dari kecantikan hingga fesyen. Karena lebih banyak beraktivitas di rumah, kata Jessica, masyarakat termotivasi untuk tampil menarik dengan merawat diri menggunakan berbagai produk kecantikan serta berpakaian santai.

“Terlihat dari data peningkatan transaksi kategori kecantikan di Tokopedia selama Q4 2020, yang mencapai hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya,” ungkap Jessica dalam keterangannya, Selasa (12/1).

Dalam hal kecantikan, berbagai produk perawatan kulit atau skin care lokal diprediksi semakin merajai industri skin care Indonesia. Tokopedia menyebut serum wajah, krim, dan pembersih wajah menjadi produk paling diburu belakangan ini.

Hal itu diamini Ririe. Dia mengatakan saat ini semakin banyak merek skin care lokal yang menawarkan berbagai produk perawatan wajah dengan kualitas yang tak kalah bersaing ketimbang produk luar.

“Beberapa produk yang wajib dimiliki tahun ini ialah cleansing balm, serum wajah, dan sunscreen. Selain itu, produk skin care berbahan alami untuk mengatasi jerawat, melembapkan kulit, dan mencegah tanda-tanda penuaan juga akan semakin diminati pada 2021,” jelasnya.

Selanjutnya ialah tren makeup colorful. Ririe mengatakan bahwa tampilan tata rias wajah yang diprediksi tetap menjadi tren ialah fl awless complexion.

“Tampilan makeup yang nyaris sempurna ini menekankan pada teknik blending complexion serta pemilihan warna tegas pada eyeshadow dan lipstik,” ungkap Ririe.

Adapun pemilihan warna-warna berani seperti oranye dan merah pada riasan mata yang memberikan kesan segar dalam tampilan sehari-hari diprediksi menjadi tren 2021. Ririe juga mengungkapkan tampilan bibir yang glossy akan semakin diminati karena membuat kesan yang lebih segar.

Dalam hal fesyen, tampilan kasual diprediksi tetap diminati. Ririe menyebut gaya kasual tetap menjadi pilihan karena mengutamakan kenyamanan.

“Pakaian yang nyaman seperti piyama atau celana pendek bermotif tie dye tetap akan populer. Pakaian oversized dengan warna-warna cerah juga diprediksi tetap menjadi tren di tahun ini,” ungkap Ririe.

Berkaitan dengan situasi pandemi, masker kain tetap menjadi salah satu produk fesyen yang wajib dimiliki tahun ini.

“Kini sudah banyak kreator lokal yang membuat masker kain dengan beragam model, paduan warna, dan motif menarik sehingga dapat disesuaikan dengan gaya yang ingin ditampilkan,” lanjut Ririe.

Penjualan meningkat

Jessica mencontohkan penjualan masker batik di Tokopedia mengalami lonjakan signifi kan hingga lebih dari 10 kali lipat selama pandemi 2020 jika dibandingkan dengan di periode awal pandemi.

Terakhir ialah tren aksesori. Menurut Ririe, pilihan aksesori yang akan hit selama 2021 antara lain anting, kalung bertumpuk, bucket hat, hingga hiasan masker seperti fi lter, rantai, dan ikatan simpul. Aksesori itu juga bisa membuat tampilan sehari-hari lebih menarik.

Menurut Jessica, Tokopedia sendiri berkomitmen untuk mempermudah masyarakat mendapatkan kebutuhan produk kecantikan dan fesyen. Antara lain dengan menghadirkan berbagai program seperti Beauty Flash Friday serta Fashion Friday yang berkolaborasi bersama para pegiat usaha lokal, khususnya UMKM. (S-2)