Texas Instruments Menghadapi Tantangan karena Permintaan Chip Industri Menurun

Texas Instruments Stock

(SeaPRwire) –   Saham (NASDAQ: TXN) turun karena produsen chip mengungkapkan perkiraan kuartalan kurang optimis, menunjukkan permintaan industri dan otomotif yang melambat. Perusahaan memperkirakan penjualan kuartal pertama berkisar antara $3,45 miliar hingga $3,75 miliar, gagal mencapai estimasi rata-rata analis sebesar $4,09 miliar. Demikian pula, laba diproyeksikan berada di antara 96 sen hingga $1,16 per saham, dibandingkan dengan perkiraan $1,42.

Pandangan suram ini menunjukkan bahwa pemulihan pesanan dari sektor-sektor kritis lebih lambat dari perkiraan, menimbulkan kekhawatiran tentang pasar secara keseluruhan. Sebagai pemain utama dengan basis pelanggan industri chip terluas dan rentang produk paling beragam, proyeksi Texas Instruments sering berfungsi sebagai barometer untuk permintaan ekonomi secara umum.

CEO Haviv Ilan mengakui tantangan, menyatakan, “Selama kuartal ini kami mengalami kelemahan yang semakin meningkat di sektor industri dan penurunan berurutan di otomotif.” Saham Texas Instruments turun 3,1% dalam perdagangan awal menyusul pengumuman, dengan kinerja tahun ini tertinggal indeks Philadelphia Stock Exchange Semiconductor.

Meskipun tidak semua segmen industri chip menghadapi tantangan yang sama, Texas Instruments, dikenal sebagai produsen semikonduktor analog terbesar, terdampak. Perusahaan sedang menjalani pengubahan pabrik yang signifikan untuk meningkatkan daya saing, dengan komitmen pengeluaran tahunan sekitar $5 miliar hingga 2026.

Pada kuartal keempat, Texas Instruments mencatat penurunan 13% pendapatan menjadi $4,08 miliar, di bawah estimasi $4,13 miliar, dan laba $1,49 per saham, turun dari $2,13 setahun sebelumnya. Perusahaan menghadapi kontraksi penjualan tahunan sebesar 13% pada 2023, yang menandai penurunan terbesarnya dalam lebih dari satu dekade.

Meskipun menghadapi tantangan saat ini, eksekutif perusahaan tetap hati-hati memberikan proyeksi jangka panjang atau memperkirakan kapan permintaan pelanggan mungkin pulih. Kepala Keuangan Rafael Lizardi mencatat perbedaan dalam penurunan kali ini, dengan berbagai sektor mengalami penurunan dengan tingkat yang berbeda. Meskipun permintaan terkait industri telah menurun selama tiga kuartal berturut-turut, sektor otomotif baru-baru ini mulai mengalami kontraksi. Lizardi menekankan komitmen perusahaan untuk memperbarui pabriknya untuk pertumbuhan konten semikonduktor jangka panjang, terutama di sektor otomotif dan industri, menyatakan keyakinan pada strategi bahkan selama kondisi pasar yang menantang.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.