Tingkat Kesembuhan Mendekati 90%

 

 Kendati demikian, masyarakat diwajibkan tidak kendur dan terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas kesehariannya.

Dari Provinsi Bangka Belitung (Babel), dilaporkan angka kesembuhan dari warga yang terpapar covid-19 bahkan kini mendekati 90%. Menurut Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Babel Andi Budi Prayitno, kemarin, ada tambahan 12 orang yang dinyatakan sembuh sehingga total 524 orang atau sekitar 89,9% dari kasus terkonfirmasi positif sebanyak 583 orang.

Andi merinci, Bangka Barat 56 orang positif, sembuh 45 orang, dan meninggal 1 orang. Bangka 146 orang positif, sembuh 135 orang. Pangkalpinang 197 orang positif, sembuh 183 orang, dan meninggal 1 orang.

"Bangka Tengah 100 orang positif, sembuh 89 orang, dan meninggal 2 orang. Belitung 57 orang positif, sembuh 49 orang, dan meninggal 2 orang. Bangka Selatan 12 orang positif, sembuh 11 orang, dan meninggal 1 orang," ujarnya.

Andi mengaku optimistis jika kesadaran masyarakat terus meninggat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Babel tidak lama lagi akan segera kembali ke zona hijau atau zona aman.

Tingkat kesembuhan dengan persentase yang tinggi juga terjadi di DKI Jakarta yang mencapai 89,4%. Anggota DPRD DKI Jakarta (Fraksi PDIP) Gilbert Simanjuntak mengatakan pencapaian ini harus diartikan dengan kehati-hatian.

"Pemprov DKI Jakarta tidak boleh lengah, apalagi masih memantau dampak libur panjang akhir Oktober ini," ujar Gilbert.

Adapun jumlah kasus terkonfirmasi secara total di Jakarta sampai saat ini sebanyak 105.597 kasus. Dari jumlah total kasus tersebut, total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 94.434 dengan tingkat kesembuhan 89,4%.

"Total 2.255 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 2,1%, sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 3,4%," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia, pada akhir pekan kemarin. (RF/Hld/H-1)