Ungguli Nadal, Thiem Sasar Juara Grup

PETENIS peringkat tiga dunia, Dominic Thiem, tampil gemilang dalam pertandingan straight set melawan unggulan kedua, Rafael Nadal, untuk merebut posisi puncak Grup London 2020 pada ajang Final ATP 2020 di London, Inggris, Selasa (17/11) malam.

Juara grand slam AS Terbuka 2020 itu membutuhkan waktu 72 menit untuk mencatatkan kemenangan 7-6 (9/7), 7-6 (7/4). “Sejujurnya saya pikir hari ini saya bermain dengan level permainan sedikit lebih tinggi daripada bermain di AS Terbuka,” ucap Thiem seusai pertandingan.

“Itu mungkin pertandingan terbaik bagi saya sejak tur dimulai kembali. Dan permainan ini membuat saya bahagia,” tuturnya.

Sempat diragukan maksimal di final ATP setelah penampilannya yang kurang baik di Wina Terbuka akibat mengalami lecet pada kaki, kini Thiem membuktikan bahwa dirinya telah pulih 100% dengan berhasil menduduki posisi puncak Grup London 2020.

“Jelas tidak mudah untuk kembali setelah AS Terbuka dan Prancis Terbuka, saya seperti berada dalam keadaan emosional yang luar biasa,” sebutnya.

Masih ada satu pertandingan tersisa sebelum Thiem melaju ke semifinal. Thiem selanjutnya harus bertanding melawan petenis Rusia Andrey Rublev, malam ini, dan berpeluang mengunci juara grup.

Sementara itu, Nadal tetap optimistis melaju ke semifinal dan bersiap mengalahkan juara bertahan Stefanos Tsitsipas (Yunani) di laga pemungkas grup, malam ini. Tsitsipas merebut kemenangan kedua dengan mengatasi Andrey Rublev dengan 6-1, 4-6, 7-6 (10/8).

“Kerja bagus untuk Dominic. Saya senang dengan cara saya bermain pada pertandingan ini,” kata Nadal.

“Saya pikir peluang saya lebih besar untuk mendapatkan hasil yang bagus pada pertandingan berikutnya karena permainan tenis saya yang luar biasa. Meski saya kalah hari ini, bagi saya level permainan saya jauh lebih baik,” tutur pemilik 20 gelar grand slam itu. (ATPTour/Rif/R-2)