Vettel Kesal dengan Strategi Ferrari di Silverstone

SEBASTIAN Vettel menuduh Ferrari mengacaukan balapannya di Sirkuit Silverstone, Inggris dalam grand prix perayaan hari jadi ke-70 Formula 1, Minggu (9/8). Pembalap Jerman itu menilai strategi yang diterapkan Ferrari tidak masuk akal kendati pebalap Jerman itu kehilangan kendali mobilnya di lap pembuka dan terlempar ke posisi paling belakang.

Dalam lomba tersebut, Vettel yang start dari posisi 11 mengalami masalah di tikungan pertama setelah mobilnya melintir keluar lintasan. Akibatnya posisi Vettel melorot ke belakang.

Vettel kemudian berhasil memperbaiki posisinya. Namun, usahanya untuk terus merangkak ke posisi depan setelah Ferrari memintanya untuk masuk pit stop.

Setelah kembali ke trek dari pitstop pertamanya, Vettel lewat radio mengatakan ke tim, bahwa kalian tahu kalian mengacau. "Kami bicara pagi ini dan mengatakan jika tidak ada untungnya masuk ke pit jika kita terhalang trafik – dan itu persis apa yang kami alami," kata Vettel.

"Kami juga memakai ban hard, yang hanya bertahan untuk 10 lap, bahkan mungkin tidak selama itu, jadi itu tidak masuk akal. Untuk apa kalian memasang hard untuk 10 lap dan memasang medium untuk 20 lap? Jadi aku kehabisan ban menuju akhir balapan, kami telah membahas itu persisnya," jelasnya.

Di akhir lomba, Vettel harus puas dengan finis di posisi 12. Sedangkan rekan setimnya, Charles Leclerc yang hanya melakukan satu pit stop finis di posisi empat. (Ant/R-1)