Wall Street Ramalkan Kenaikan Saham Sea Limited Sebesar 66%

Sea Limited Stock

(SeaPRwire) –   Di dunia teknologi global dan e-commerce yang luas, perusahaan berbasis Singapura (NYSE: SE) sering terlewatkan, tertutup oleh raksasa seperti Amazon (NASDAQ: AMZN) dan Alibaba (NYSE: BABA). Didirikan pada tahun 2009 sebagai perusahaan game online, Sea Limited telah mengalami perjalanan transformasi, berkembang menjadi kehadiran yang tangguh di bidang e-commerce, keuangan digital, dan hiburan digital. Meskipun dominasi saham teknologi berat, Wall Street memegang harapan tinggi untuk Sea Limited, memproyeksikan kenaikan menakjubkan sebesar 66% dalam nilai sahamnya. Meskipun rata-rata target harga $64,53 terlihat ambisius, beberapa faktor dapat berkontribusi pada trayek naik Sea Limited tahun ini.

Faktor yang Mendorong Pertumbuhan Sea Limited

Portofolio Layanan Digital yang Beragam: Kesuksesan Sea Limited dikaitkan dengan portofolio layanan digitalnya yang beragam. Dari 2018 hingga 2022, pendapatan perusahaan mengalami peningkatan substansial dari $827 juta menjadi $12,4 miliar, meskipun perusahaan masih mengalami kerugian selama periode ini. Pergeseran strategis ke e-commerce dan layanan digital sejalan dengan komitmen Sea Limited untuk profitabilitas jangka panjang.

Kinerja Segmen Usaha (Q3 2023)

  • Shopee (Platform E-Commerce): Shopee, lengan e-commerce Sea, mencatat peningkatan pendapatan GAAP sebesar 16,2% year-on-year menjadi $2,2 miliar di Q3, memberikan kontribusi terbesar terhadap total pendapatan $3,3 miliar. Meskipun menghadapi persaingan, Sea fokus pada kategori keterlibatan pengguna yang lebih tinggi dan kemitraan strategis, memperkirakan Shopee Live akan menjadi penggerak pertumbuhan signifikan.
  • SeaMoney (Layanan Keuangan Digital): Pendapatan SeaMoney melonjak 36,5% year-on-year menjadi $446,2 juta di Q3, didorong oleh pertumbuhan bisnis kreditnya. Layanan perbankan digital SeaMoney, bersama dengan layanan debet langsung, berkontribusi pada kinerja positif.
  • Garena (Platform Game): Garena, bisnis game Sea, mengalami pertumbuhan pendapatan sebesar 11,9% secara kuartalan menjadi $592,2 juta di Q3. Free Fire, game battle royale, memainkan peran penting dalam kesuksesan Garena. Meskipun menghadapi tantangan di India, Free Fire menjadi “game mobile paling banyak diunduh” secara global pada kuartal ketiga.

Tantangan Pasar dan Pergerakan Harga Saham

Meskipun tumbuh signifikan di semua segmen, saham Sea Limited mengalami penurunan sebesar 22% pada tahun 2023, berlawanan dengan kenaikan S&P 500 sebesar 25%. Respon pasar mungkin tidak mencerminkan pencapaian substansial perusahaan, membuatnya menjadi peluang investasi.

Kesehatan Keuangan dan Prediksi Analis: Sea Limited menutup kuartal dengan saldo kas yang kuat sebesar $7,9 miliar, menempatkannya dalam posisi yang baik untuk investasi masa depan. Analis memperkirakan laba sebesar $1,34 per saham untuk tahun penuh 2023, dengan proyeksi peningkatan laba sebesar 2,2% pada tahun 2024 dan pertumbuhan pendapatan sebesar 11,7%. Saat ini diperdagangkan dengan rasio penjualan ke depan 1,4 kali, valuasi Sea Limited jauh di bawah rata-rata sejarahnya sebesar 8,5 kali.

Pandangan Wall Street terhadap Saham Sea

Komunitas analis secara kolektif memberi peringkat saham Sea Limited sebagai “pembelian sedang.” Dari 14 analis yang mengikuti SE, tujuh memberi labelnya sebagai “pembelian kuat,” sementara tujuh menetapkannya sebagai “hold.” Target harga rata-rata $64,53 menyiratkan potensi kenaikan substansial sebesar 66% dalam 12 bulan ke depan.

Inti Pesan

Transformasi Sea Limited dari perusahaan game menjadi raksasa digital menunjukkan adaptabilitasnya terhadap permintaan konsumen yang berkembang. Ekosistem sinergis yang diciptakan dengan Garena, Shopee, dan SeaMoney menempatkan Sea untuk profitabilitas. Namun, persaingan ketat dari pemain lebih besar menimbulkan tantangan, sehingga trayek pertumbuhan Sea pada tahun 2024 bergantung pada kemampuannya mengatasi hambatan ini dengan efektif. Bagi investor, dengan hati-hati memulai dengan kepemilikan kecil di perusahaan ini tampaknya merupakan keputusan bijak.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.