Rupiah Rabu pagi menguat 15 poin

IMF: Konflik Rusia-Ukraina akan dorong inflasi tinggi lebih lama

IMF: G20 harus dongkrak upaya bantu negara-negara pangkas risiko utang

IMF pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global 2022 jadi 4,4 persen

Euro jatuh ke terendah satu bulan, investor lari ke dolar

Yuan turun tipis tujuh basis poin menjadi 6,3418 terhadap dolar AS

Emas datar, kehati-hatian jelang pertemuan Fed imbangi risiko Ukraina

Rupiah Selasa pagi melemah 16 poin

Korsel pertimbangkan perluasan perdagangan won ke pasar internasional

Bank sentral Singapura perketat kebijakan moneter terkait inflasi

Yuan terangkat 81 basis poin menjadi 6,3411 terhadap dolar AS

Rupiah Senin pagi menguat 24 poin

PNM buka kantor layanan baru di Maluku Tengah dan SBB

BNI salurkan bantuan untuk keluarga Pekerja Migran Indonesia

Kesenjangan di Indonesia menyempit

KPR BRI Virtual Expo sukses catatkan 4.000 pengajuan

Peruri siap arungi 2022 dengan mematangkan transformasi digital

Tito Karnavian apresiasi realisasi APBD Riau nomor 4 nasional

Dolar turun bersama “yields” obligasi AS, namun naik untuk minggu ini

Dirjen Pajak dorong masyarakat manfaatkan pengungkapan harta sukarela

Pertemuan Kelompok Kerja Infrastruktur G20 dorong pemulihan global

UNCTAD: FDI global “rebound” kuat tetapi pemulihan sangat tidak merata

Rupiah Kamis pagi menguat 22 poin

Pelaku fintech nilai pandemi percepat akselerasi digital

BRI dapat penghargaan sebagai Bank Umum Penyalur KUR Terbaik 2021

Prudential dorong peningkatan literasi keuangan untuk anak-anak

Trenggono keluarkan 44 instruksi, tindak lanjuti rekomendasi BPK

Rupiah Rabu pagi melemah 27 poin

Nilai tukar dolar AS naik dipicu lonjakan imbal hasil obligasi

2015-2021, penduduk miskin di Kalteng menurun

DFSK Super Cab kuat dan irit saat muat satu ton semen keliling Medan

Medan () – Kendaraan komersial ringan andalan Dongfeng Sokon (DFSK) Indonesia yakni DFSK Super Cab terbukti kuat dan irit saat dibawa berkendara mengelilingi Kota Medan, Sumatera Utara, dengan muatan satu ton semen.

Dalam ajang Super Cab Media Challenge (SCMC) yang digelar Kamis (25/11) itu, DFSK Super Cab mampu melibas berbagai kondisi jalan Kota Medan dan mencatat konsumsi BBM 16,5 KM/L dengan jarak tempuh 62,9 KM.

SCMC Medan, yang merupakan penyelenggaraan kelima setelah Jakarta, Bali, Bandung, dan Surabaya, diikuti oleh 10 jurnalis baik dari media lokal maupun nasional yang dibagi ke dalam lima tim. Masing-masing tim terdiri dari pengemudi dan navigator.

berkesempatan untuk menjadi salah satu peserta ajang pembuktian ketangguhan dan keiritan dari mobil segmen kendaraan pick-up yang diproduksi Indonesia itu.

Titik start dimulai dari Budaya Resto yang terletak di Kabupaten Deli Serdang dan berakhir di Dealer DFSK di Kota Medan. Dalam tantangan tersebut, mengendarai DFSK Super Cab bermesin bensin DK15 1.500 cc bertenaga 102 dk dan torsi 140 Nm.

Baca juga: DFSK berharap insentif dari pemerintah Indonesia

Dalam perjalanan yang memakan waktu sekitar 2,5 jam itu, merasakan sejumlah hal yang menyenangkan. Di mulai dari posisi berkendara yang dirasa cukup ergonomis.

Meski tidak ada pengaturan tilt dan teleskopik pada setir, namun kursi pengemudi yang dapat dimaju mundurkan cukup membantu memperoleh posisi menyetir yang relatif nyaman.

Tuas transmisi manual lima percepatan terasa mudah dioperasikan. Begitu pula pedal kopling dan gas yang cukup empuk dan responsif saat "dimainkan".

Beralih ke performa, DFSK Super Cab dirasa memiliki tenaga yang berisi. Torsi pada putaran bawah terasa mantap saat dikendarai di tengah kemacetan kota.

Salah satu unit kendaraan DFSK Super Cab yang mengikuti Super Cab Media Challenge (SCMC) di Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/11/2021) (/HO-DFSK)

Ketika diajak berlari di jalan tol, mobil ini juga menyajikan akselerasi yang cukup instan dan stabil. DFSK Super Cab tetap terasa menyenangkan dan nyaman dikendarai meski menggendong muatan semen satu ton.

Handling DFSK Super Cab juga dirasa cukup stabil saat dibawa bermanuver zig zag membelah kepadatan kota Medan. Mobil ini memiliki AC yang dingin dan head unit yang telah dilengkapi port USB dan Aux.

tidak menemukan kendala berarti saat mengendarai DFSK Super Cab. Mobil ini dirasa tangguh dan mumpuni sebagai kendaraan niaga. Dimensi flat deck berukuran 2.460 mm x 1.670 mm x 340 mm (PxLxT) membuat mobil ini jadi salah satu yang terbesar di kelasnya.

Mobil ini juga terbukti ekonomis. Capaian konsumsi BBM yang menyentuh hasil 16,5 KM/L dengan menggunakan teknik full to full tergolong sangat irit.

"Hasil yang didapatkan di momen kali ini merupakan data yang riil dimana uji coba dilakukan secara langsung di jalan raya dengan barang bawaan yang berat di bagian bak," ujar PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi.

DFSK Super Cab terbukti tangguh, bertenaga, nyaman, dan irit bahan bakar. Keunggulan tersebut dirasa cocok untuk menunjang berbagai aktivitas usaha dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Rofiqi berharap DFSK Super Cab bisa menjadi rekan terbaik baik para pengusaha untuk mendapatkan keuntungan usaha yang berlipat ganda.

Baca juga: DFSK gelar promo akhir tahun untuk Glory 560 hingga Gelora E

Tanggung jawab sosial

Selain menggelar SCMC, DFSK juga melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan dengan menyumbangkan lima ton semen yang diangkut tersebut ke dua tempat ibadah yang berada di sekitar dealer DFSK.

Ini merupakan kali kelima DFSK menyalurkan semen untuk pembangunan tempat ibadah. Sebelumnya, perusahaan otomotif asal China tersebut telah menyalurkan 21 ton semen, di mulai sejak April 2021.

Sales & Marketing Director PT Sokonindo Automobile Cing Hok (dua kanan) dalam acara penyerahan bantuan lima ton semen untuk dua masjid di area sekitar dealer DFSK Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/11/2021) (/HO-DFSK)

Penyaluran bantuan semen itu dimulai dari Jakarta dengan enam ton semen untuk pembangunan masjid, lalu di Bali dengan lima ton semen untuk pembangunan pura, di Bandung 2,5 ton semen untuk pembangunan masjid dan 2,5 ton semen untuk pembangunan gereja, serta lima ton semen untuk pembangunan masjid di Surabaya.

"Dari dealer kita kasih kebebasan mau rumah ibadah, sekolah, fasilitas kebersihan, atau lainnya. Jadi memang mungkin yang dilihat dari dealer adalah lingkungan sekitarnya banyak seperti masjid, gereja yang perlu dibangun. Itu kenapa diputuskan dari pihak dealernya untuk support area sekitar," kata Rofiqi.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pihaknya masih akan melakukan kegiatan serupa hingga akhir tahun. Terdekat, kata dia, DFSK akan melakukan penyaluran semen di wilayah Sulawesi.

Salah satu unit kendaraan DFSK Super Cab yang mengikuti Super Cab Media Challenge (SCMC) di Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/11/2021) (/HO-DFSK)

"Desember kita akan adakan satu acara lagi. Kotanya masih kita lihat nanti, mungkin bisa di Sulawesi karena ini pertama kalinya di Sumatera, di Medan. Bulan depan kita mau coba di Makassar, karena di Makassar belum pernah kita coba buat acara seperti ini," kata Rofiqi.

Spesifikasi singkat 

DFSK Super Cab merupakan kendaraan komersial ringan bermodel pick-up yang diproduksi di Pabrik DFSK Cikande, Serang, Banten.

Dengan kapasitas flat deck terbesar di kelasnya, Super Cab mampu mengangkut beban hingga 1,4 ton sehingga cocok untuk bisnis logistik, peternakan, pertanian, dan berbagai sektor usaha lainnya.

DFSK Super Cab bisa diubah menjadi model tertentu apabila konsumen memerlukan armada bisnis di bidang angkutan umum, ambulans, mobil box, chiller box hingga moko (mobil toko). Perubahan model itu disediakan oleh dealer DFSK tanpa perlu mendatangi karoseri.

Super Cab tersedia dalam dua varian mesin, pertama mesin bensin DK15 1.500 cc bertenaga 102 dk dan torsi 140 Nm. Adapun yang kedua adalah varian diesel 1.300 cc bertenaga 75 dk dan torsi 190 Nm.

Baca juga: DFSK harap lini kendaraan komersial dorong penjualan mobil nasional

Baca juga: DFSK salurkan lima ton semen untuk pembangunan masjid di Medan

Baca juga: DFSK – DAMRI kerja sama elektrifikasi transportasi darat

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © 2021
  • Tags
  • DFSK
  • DFSK Super Cab
  • Super Cab