Pengamat: Regulasi yang jelas penting untuk tertibkan angkutan ilegal

DKI Jakarta target tertibkan 76 terminal ilegal tahun ini

Bank Indonesia catat nilai transaksi e-Commerce tumbuh 63,36 persen

Kementerian PUPR: 250 rumah tak layak di Gorontalo Utara siap dibedah

Kemarin, IHSG ditutup merah hingga prediksi ekonomi triwulan II 2021

Onomy Protocol Opens the Door For Institutions To Take On DeFi

Plato Data and Blockleaders Partner to Leverage Plato’s W3 Blockchain Platform

Central Global Continues with Proactive Business Sustainability Measures Despite Lockdown

Dynafront Successfully Lists on LEAP Market of Bursa Malaysia

BMW Indonesia catat peningkatan penjualan, tertinggi di April-Mei

BMW Group Global raih rekor penjualan selama semester 1 2021

Mercedes-Benz akan beralih ke mobil listrik

Tips rawat dan jaga kebersihan mobil selama di rumah aja

Eisai: FDA Approves LENVIMA (lenvatinib) Plus KEYTRUDA (pembrolizumab) Combination for Patients With Certain Types of Advanced Endometrial Carcinoma

Kekurangan suku cadang, Toyota tangguhkan produksi di Thailand

Cuentas and WaveMax Sign an Exclusive and Definitive JV Agreement for 1,000 Locations to Offer Advertising on WiFi6 Next Generation Patented Technology in Cuentas’ “Bodegas” Network throughout the USA

Tata Communications IZO Financial Cloud: A purpose-built community cloud for banking, financial and fintech enterprises discussed with tech leaders

Sino Biopharmaceutical Donates Cash and Supplies Valued at RMB10 Million to Support Henan for Flood Relief and Preventing Epidemic

Kristof Sch√∂ffling’s Move Digital Sets Sublime Standards for Enterprise Blockchain Advisory

Mercedes Benz isyaratkan peluncuran Vision EQXX

Ford, Lyft dan Argo AI bersatu bikin kendaraan otonom

Peruri salurkan bantuan hewan kurban ke masyarakat Kabupaten Karawang

Rupiah Kamis pagi menguat 28 poin

Outplay Raises USD 7.3 Million to Make Outbound Sales Scalable

Ekspor industri pengolahan tumbuh 33,45 persen

Investasi modal ventura global capai rekor tertinggi, ditopang saham

Peluang proyek EPC strategis antara sesama perusahaan BUMN

A Blockchain Art Show?

Stimulating blood vessel formation with magnets

Kemarin, Stimulus kartu sembako hingga anggaran PPKM Rp55,2 triliun

KAI Group raih 8 penghargaan AKHLAK Award 2021 dari Menteri BUMN

KAI juga melakukan berbagai kegiatan pengembangan dan penerapan budaya perusahaan

Jakarta () – PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan anak perusahaannya yang tergabung dalam KAI Group berhasil mendapatkan 8 penghargaan di ajang AKHLAK Award 2021, yang diberikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan tujuan penyelenggaraan penghargaan tersebut yaitu untuk memberikan apresiasi bagi BUMN-BUMN yang telah mengimplementasikan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) sebagai budaya organisasi.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Menteri BUMN Erick Thohir atas penghargaan yang diberikan kepada KAI Group dalam ajang AKHLAK Award 2021 ini. Penghargaan ini tentunya akan semakin memacu seluruh SDM KAI Group untuk terus mengamalkan AKHLAK sebagai pedoman perilaku sehari-hari,” kata Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Didiek mengatakan pencapaian ini tak lepas dari sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai AKHLAK yang gencar dilakukan kepada seluruh pekerja KAI Group. Sosialisasi dan internalisasi tersebut menggunakan 10 tahapan yang disebut 10 Step of Culture Transformation.

“Tahapan tersebut dimulai dari Find The Big Why atau menumbuhkan sense of urgency kepada para Top Leaders KAI Group mengenai pentingnya budaya organisasi dengan menunjukkan dampak budaya kerja terhadap kinerja organisasi,” ujarnya.

Lanjut Didiek, sejak adanya arahan dari Kementerian BUMN untuk menyesuaikan nilai-nilai utama perusahaan BUMN pada pertengahan bulan Juli 2020 lalu, KAI langsung mengambil langkah untuk mengimplementasikan core value AKHLAK kepada seluruh jajaran KAI grup. Pada 14 Agustus 2020, jajaran Direksi dan Komisaris KAI melakukan launching New Core Value menjadi AKHLAK menyesuaikan dengan surat edaran Menteri BUMN No. SE-7/MBU/07/2020. Sejak saat itu, KAI Group secara intens melakukan sosialisasi internalisasi AKHLAK baik melalui pembuatan konten maupun webinar.

“KAI juga melakukan berbagai kegiatan pengembangan dan penerapan budaya perusahaan seperti Kick Off program budaya perusahaan serta beragam kegiatan terkait pendidikan dan pelatihan seputar budaya perusahaan seperti pelatihan change leaders, change champion, change agent dan culture booster,” katanya.

Adapun rencana dalam waktu dekat penerapan AKHLAK di KAI Group yaitu akan mengeluarkan Culture Action Plan 2021-2024 yang berisi tema besar budaya dan inisiatif strategi budaya untuk periode 2021 s.d 2024 dimana disesuaikan dengan tema bisnis Rencana Jangka Panjang Perusahaan KAI 2020-2024.

“Kami akan terus meningkatkan indeks implementasi AKHLAK serta kualitas SDM di seluruh KAI Group. Sehingga kinerja perusahaan terus meningkat dan layanan kepada masyarakat khususnya pelanggan kereta api juga akan semakin lebih baik lagi,” pungkas Didiek.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa setiap BUMN perlu untuk melakukan transformasi secara menyeluruh. Tidak hanya model bisnis dan operasionalnya tetapi yang terpenting juga transformasi human capitalnya.

“Satu tahun sudah keluarga BUMN disatukan oleh misi yang sama, BUMN untuk Indonesia, dengan nilai-nilai yang sama yaitu sebagai core value AKHLAK, Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Misi dan nilai-nilai tersebut adalah bagian dari upaya transformasi menyeluruh di BUMN yang juga menjadi arah dan pijakan tiap langkah kita untuk naik kelas, untuk berkompetisi, dan tentunya kita harus kompetisi secara global,” kata Erick Thohir.

Ke-8 penghargaan yang diperoleh KAI Group yaitu:

1. KAI sebagai Runner Up 1 dalam Kategori BUMN untuk Indeks Implementasi Adaptif Terbaik.
2. KAI sebagai Runner Up 2 dalam Kategori BUMN untuk Indeks Implementasi Loyal Terbaik.
3. KAI Logistik sebagai Juara 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Amanah Terbaik.
4. KAI Bandara sebagai Juara 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Harmonis Terbaik.
5. KAI Services sebagai Runner Up 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Amanah Terbaik.
6. KAI Wisata sebagai Runner Up 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Harmonis Terbaik.
7. KAI Logistik sebagai Runner Up 2 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Adaptif Terbaik.
8. KAI Properti sebagai Runner Up 2 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Amanah Terbaik.

Adapun juri pada ajang AKHLAK Award 2021 terdiri dari tim ACT Consulting selaku Konsultan Budaya Perusahaan dan lembaga independen. Proses penjuriannya berdasarkan hasil dari survei AKHLAK Culture Health Index (ACHI) yang dilakukan di lebih dari 68 BUMN dan Anak Perusahaan pada periode 1 Juli 2020 hingga 1 Juli 2021 dan dipilih nilai tertinggi dari masing masing kategori yang melakukan pengukuran ACHI di 68 BUMN dan Anak Perusahaan.

Pelaksanaan ACHI KAI Group 2021 diikuti oleh 27.483 responden KAI Grup. Hal ini menunjukkan antusias yang tinggi insan KAI grup dalam melaksakan program internalisasi budaya organisasi.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © 2021