Realisasi bantuan pemerintah triwulan I-2022

Rupiah Selasa pagi menguat 13 poin

IMF peringatkan risiko stagflasi di Asia, pangkas prospek pertumbuhan

Dolar AS menguat ke level tertinggi dua tahun, sementara yuan jatuh

MES Sulsel: Optimalisasi pengelolaan zakat dapat entaskan kemiskinan

Rupiah Senin pagi melemah 130 poin

PPATK sebut telah blokir ribuan transaksi investasi ilegal

Sri Mulyani paparkan kegiatannya di hari kelima di Washington DC

KSP: BLT minyak goreng sudah tersalurkan ke 17,2 juta keluarga

Sepekan, proyeksi pertumbuhan ekonomi direvisi hingga G20 soal Ukraina

PPATK katakan terus pantau transaksi platform investasi ilegal

3 pasar rakyat di Padang mulai sediakan pembayaran digital

Dolar capai tertinggi 2 tahun, ditopang prospek bunga Fed yang agresif

BRI kembali buka program rekrutmen pegawai baru

BI catat aliran modal asing masuk senilai Rp0,45 triliun pekan ini

Pemegang saham setujui Mitratel bagi dividen Rp966,7 miliar

BI: Perang Rusia-Ukraina perkuat kompleksitas G20 jaga pemulihan dunia

Rupiah Jumat pagi melemah 16 poin

Yuan anjlok lagi 498 basis poin menjadi 6,4596 terhadap dolar AS

Yen dan yuan menderita saat Fed akan naikkan suku bunga lebih cepat

Ketua bank sentral Rusia Nabiullina hadapi krisis di masa jabatan baru

Yuan terpangkas lagi 102 basis poin menjadi 6,4098 terhadap dolar AS

Sri Mulyani: KTT ketahanan pangan AS perkuat hadapi krisis

Rupiah Kamis pagi menguat 17 poin

Aksi “walk out” AS hingga Inggris, Sri Mulyani: G20 jaga kerja sama

BI sebut G20 dorong kebijakan moneter terintegrasi

Yuan tergelincir 276 basis poin menjadi 6,3996 terhadap dolar AS

Rupiah Selasa pagi menguat tipis 1 poin

Dolar AS sentuh puncak baru 2 tahun, dipicu prospek kenaikan bunga Fed

CORE sarankan pemerintah tingkatkan proporsi pembiayaan ekspor UMKM

Kemendagri apresiasi kerja sama dengan ICCO selama satu dekade

Apresiasi atas berbagai capaian pelaksanaan program yang telah dilaksanakan dan terakhir melalui memorandum saling pengertian kerja sama periode 2021-2022 telah terealisasi ….

Jakarta () – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi pelaksanaan kerja sama pemberdayaan masyarakat, yang telah diselenggarakan dengan Interchurch Organisation for Development Cooperation (ICCO) selama lebih dari satu dekade ini.

Dalam rangka proses deregistrasi aktivitas ICCO di Indonesia, ICCO dan Kemendagri menyelenggarakan acara penutupan aktivitas regional ICCO pada Jumat (25/3/2022) di Jakarta.

"Apresiasi atas berbagai capaian pelaksanaan program yang telah dilaksanakan dan terakhir melalui memorandum saling pengertian kerja sama periode 2021-2022 telah terealisasi dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah daerah di wilayah kerja," ujar Kepala Pusat Fasilitas Kerjasama Kemendagri Heriyandi Roni dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu,

Capaian tersebut lain pelaksanaan program peningkatan kemitraan multipihak dalam merumuskan tanggung jawab sosial perusahaan yang partisipatif di sektor perkebunan kelapa sawit, serta pendampingan teknis bidang peningkatan produktivitas dan keberlanjutan produksi lada.

Pelaksanaan kerja sama tersebut telah berkontribusi dalam memberdayakan lebih dari 500 organisasi lokal/masyarakat (CSO), serikat produsen (petani dan nelayan), kelompok masyarakat adat, usaha kecil menengah, dan masyarakat sipil.

Selanjutnya, dukungan bagi puluhan ribu petani kecil untuk meningkatkan praktik dan produksi dengan memberi akses kepada pengetahuan dan teknologi pertanian, memperjuangkan pembangunan yang berpusat pada masyarakat, dan berkontribusi pada peningkatan akses ke layanan dasar dan tata kelola yang baik.

Baca juga: Kemendagri ingatkan pemda tak beri SK domisili palsu untuk parpol

ICCO Cooperation adalah organisasi nonpemerintah Belanda yang didirikan pada 1964 dan memimpikan dunia tanpa kemiskinan, pengucilan, dan ketidakadilan.

Kantor regional di Asia Tenggara didirikan pada 2010 di Bali dengan mencakup lima negara yakni Indonesia, Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Vietnam.

Yayasan Penabulu, sebagai salah satu kelompok masyarakat sipil yang menjadi mitra ICCO di Indonesia, menyampaikan keberadaan ICCO telah mendukung program pemberdayaan kelompok masyarakat, khususnya perempuan, di berbagai wilayah kerja yang disepakati ICCO dan Kemendagri.

"Kami bersama ICCO telah banyak melahirkan keberhasilan yang fenomenal, di nya pemberdayaan kelompok perempuan di Kalimantan Barat dan Jawa Timur dalam peningkatan pendapatan mereka," tutur Budi Susilo, Kepala Direktorat Jejaring Implementasi Program Yayasan Penabulu.

Sementara itu, Country Director ICCO Kiswara Santi Prihandini menyampaikan alasan penutupan kantor yang berimbas kepada penutupan aktivitas ICCO di Indonesia adalah adanya dinamika yang cepat dalam lansekap bantuan pembangunan, sehingga mengakhiri aktivitas di Indonesia, Filipina, dan Vietnam, dan berlanjut penutupan kantor regional pada 2022.

"ICCO mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Dalam Negeri yang sudah berkolaborasi selama kurang lebih 10 tahun. Kami sangat berharap praktik baik ini dapat dikembangkan secara berkelanjutan ke depan," katanya.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia memiliki momentum termasuk presidensi di G20 bersama perwakilan masyarakat sipil C20, L20, dan B20 di tingkat nasional, untuk bekerja sama dengan organisasi internasional di negara-negara anggota G20 sebagai sumber pendanaan alternatif bagi masyarakat, sekaligus dapat mendukung reposisi ormas menjadi kolaboratif dengan agenda pembangunan dalam negeri.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © 2022