Pengamat: Regulasi yang jelas penting untuk tertibkan angkutan ilegal

DKI Jakarta target tertibkan 76 terminal ilegal tahun ini

Bank Indonesia catat nilai transaksi e-Commerce tumbuh 63,36 persen

Kementerian PUPR: 250 rumah tak layak di Gorontalo Utara siap dibedah

Kemarin, IHSG ditutup merah hingga prediksi ekonomi triwulan II 2021

Onomy Protocol Opens the Door For Institutions To Take On DeFi

Plato Data and Blockleaders Partner to Leverage Plato’s W3 Blockchain Platform

Central Global Continues with Proactive Business Sustainability Measures Despite Lockdown

Dynafront Successfully Lists on LEAP Market of Bursa Malaysia

BMW Indonesia catat peningkatan penjualan, tertinggi di April-Mei

BMW Group Global raih rekor penjualan selama semester 1 2021

Mercedes-Benz akan beralih ke mobil listrik

Tips rawat dan jaga kebersihan mobil selama di rumah aja

Eisai: FDA Approves LENVIMA (lenvatinib) Plus KEYTRUDA (pembrolizumab) Combination for Patients With Certain Types of Advanced Endometrial Carcinoma

Kekurangan suku cadang, Toyota tangguhkan produksi di Thailand

Cuentas and WaveMax Sign an Exclusive and Definitive JV Agreement for 1,000 Locations to Offer Advertising on WiFi6 Next Generation Patented Technology in Cuentas’ “Bodegas” Network throughout the USA

Tata Communications IZO Financial Cloud: A purpose-built community cloud for banking, financial and fintech enterprises discussed with tech leaders

Sino Biopharmaceutical Donates Cash and Supplies Valued at RMB10 Million to Support Henan for Flood Relief and Preventing Epidemic

Kristof Sch√∂ffling’s Move Digital Sets Sublime Standards for Enterprise Blockchain Advisory

Mercedes Benz isyaratkan peluncuran Vision EQXX

Ford, Lyft dan Argo AI bersatu bikin kendaraan otonom

Peruri salurkan bantuan hewan kurban ke masyarakat Kabupaten Karawang

Rupiah Kamis pagi menguat 28 poin

Outplay Raises USD 7.3 Million to Make Outbound Sales Scalable

Ekspor industri pengolahan tumbuh 33,45 persen

Investasi modal ventura global capai rekor tertinggi, ditopang saham

Peluang proyek EPC strategis antara sesama perusahaan BUMN

A Blockchain Art Show?

Stimulating blood vessel formation with magnets

Kemarin, Stimulus kartu sembako hingga anggaran PPKM Rp55,2 triliun

KKP salurkan bantuan pendukung monitoring terumbu karang di Buleleng

Jakarta () – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menyalurkan bantuan alat selam yang terdiri dari lima set alat selam dan alat pendukung monitoring terumbu karang senilai Rp81,8 juta kepada Kelompok Yayasan Terumbu Karang Metamorfosa di Buleleng, Bali.

Kepala BPSPL Denpasar Permana Yudiarso dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa, menerangkan Yayasan Terumbu Karang Metamorfosa merupakan kelompok masyarakat pemerhati lingkungan dan penggiat konservasi yang berlokasi di Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

"Bantuan ini diberikan sebagai apresiasi dari KKP kepada masyarakat atas kepeduliannya terhadap lingkungan. Selain itu juga dimaksudkan agar masyarakat sekitar Sumberkima meningkat ekonomiannya," ujar Yudi.

Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) KKP Hendra Yusran Siry menjelaskan bahwa program bantuan kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (Kompak) itu sudah bergulir sejak tahun 2016 dan banyak masyarakat yang telah menerima manfat bantuan tersebut.

Dia juga menambahkan pemberian bantuan Kompak sekaligus dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kawasan konservasi di seluruh Indonesia.

Hendra juga menambahkan sesuai harapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, bantuan Kompak yang telah diberikan harus dapat dimanfaatkan secara penuh untuk kegiatan konservasi dan memberikan dampak ekonomi bagi penerima dan masyarakat sekitar.

“Mengelola kawasan konservasi telah sejalan dengan arah kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Karenanya KKP bersama masyarakat konsisten menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlanjutannya bagi anak cucu kita di masa mendatang,” pungkasnya.

Sesuai dengan Petunjuk Teknis yang tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Nomor 8 Tahun 2021 tentang Penyaluran Bantuan Konservasi, bantuan Kompak yang telah diberikan akan dilakukan monitoring dan evaluasi selama dua tahun untuk mengetahui perkembangan pemanfaatannya.

Sebelumnya, KKP juga telah mengevaluasi penyaluran bantuan kepada Kompak di Desa Kubu, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Bantuan Kompak berupa 1 unit kapal kayu dengan kapasitas mesin 23 PK yang diserahkan kepada Kelompok Masyarakat Pesisir (KMP) Camar Laut sejak 2019 itu telah digunakan warga untuk menjaga kelestarian sumberdaya laut khususnya ekosistem biota laut yang dilindungi di Kawasan Konservasi Perairan Daerah Gosong Senggora dan perairan sekitarnya.

“Hasil monitoring dan evaluasi tim ke lokasi pada akhir Mei lalu menunjukkan bahwa kondisi bantuan dalam keadaan baik dan berfungsi normal, masyarakat secara aktif melakukan monitoring biota laut yang dilindungi di Perairan Gosong Senggora dan sekitarnya,” ujar Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut KKP Pontianak, Andry I. Sukmoputro.

Andry menambahkan bahwa pemanfaatan bantuan yang telah diberikan harus sesuai peruntukannya dan transparan dalam mendukung konservasi jenis ikan yang dilindungi serta berdampak positif pada sosial dan ekonomi masyarakat.

Ketua KMP Camar Laut, Ali Hanapiah mengakui bantuan kapal ini memudahkan dalam melakukan monitoring biota laut yang dilindungi melalui pelaksanaan patroli rata-rata tiga kali dalam satu bulan. “Saat patroli di Perairan Gosong Senggora dan sekitarnya, kami pernah menemukan penyu hijau, pesut, dan segerombolan lumba-lumba,” ungkapnya.

Ali juga menyampaikan terima kasih kepada KKP melalui bantuan kapal ini, KMP Camar Laut dapat meningkatkan intensitas patroli. Sebelum menerima bantuan, patroli hanya bisa dilakukan satu kali dalam satu bulan.

Baca juga: Kurangi kecelakaan, KKP gelar pelatihan perawatan mesin kapal nelayan

Selain itu, KMP Camar Laut merasakan peningkatan pendapatan ekonomi. “Kapal bantuan ini pernah kami sewakan sebanyak 43 kali kepada pemancing dengan tarif Rp1.500.000/trip. Hasil pendapatan ini selain untuk pendapatan kelompok juga digunakan untuk operasional perawatan barang,” katanya.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © 2021