Pengamat: Regulasi yang jelas penting untuk tertibkan angkutan ilegal

DKI Jakarta target tertibkan 76 terminal ilegal tahun ini

Bank Indonesia catat nilai transaksi e-Commerce tumbuh 63,36 persen

Kementerian PUPR: 250 rumah tak layak di Gorontalo Utara siap dibedah

Kemarin, IHSG ditutup merah hingga prediksi ekonomi triwulan II 2021

Onomy Protocol Opens the Door For Institutions To Take On DeFi

Plato Data and Blockleaders Partner to Leverage Plato’s W3 Blockchain Platform

Central Global Continues with Proactive Business Sustainability Measures Despite Lockdown

Dynafront Successfully Lists on LEAP Market of Bursa Malaysia

BMW Indonesia catat peningkatan penjualan, tertinggi di April-Mei

BMW Group Global raih rekor penjualan selama semester 1 2021

Mercedes-Benz akan beralih ke mobil listrik

Tips rawat dan jaga kebersihan mobil selama di rumah aja

Eisai: FDA Approves LENVIMA (lenvatinib) Plus KEYTRUDA (pembrolizumab) Combination for Patients With Certain Types of Advanced Endometrial Carcinoma

Kekurangan suku cadang, Toyota tangguhkan produksi di Thailand

Cuentas and WaveMax Sign an Exclusive and Definitive JV Agreement for 1,000 Locations to Offer Advertising on WiFi6 Next Generation Patented Technology in Cuentas’ “Bodegas” Network throughout the USA

Tata Communications IZO Financial Cloud: A purpose-built community cloud for banking, financial and fintech enterprises discussed with tech leaders

Sino Biopharmaceutical Donates Cash and Supplies Valued at RMB10 Million to Support Henan for Flood Relief and Preventing Epidemic

Kristof Sch√∂ffling’s Move Digital Sets Sublime Standards for Enterprise Blockchain Advisory

Mercedes Benz isyaratkan peluncuran Vision EQXX

Ford, Lyft dan Argo AI bersatu bikin kendaraan otonom

Peruri salurkan bantuan hewan kurban ke masyarakat Kabupaten Karawang

Rupiah Kamis pagi menguat 28 poin

Outplay Raises USD 7.3 Million to Make Outbound Sales Scalable

Ekspor industri pengolahan tumbuh 33,45 persen

Investasi modal ventura global capai rekor tertinggi, ditopang saham

Peluang proyek EPC strategis antara sesama perusahaan BUMN

A Blockchain Art Show?

Stimulating blood vessel formation with magnets

Kemarin, Stimulus kartu sembako hingga anggaran PPKM Rp55,2 triliun

Museum Mercedes-Benz Inside 32/2021 pamerkan radio mobil lawas

Jakarta () – Museum Mercedes-Benz Inside edisi 32/2021 memamerkan latar belakang cerita mengenai radio mobil, dari 160 kendaraan dan total 1.500 pertunjukan yang ditampilkan.

Mercedes-Benz pada Kamis mengatakan radio mobil pertama muncul pada awal 1920-an – awalnya di Amerika Serikat – sebagai barang unik yang dibuat khusus oleh para pecinta teknologi berdasarkan teknologi katup radio kontemporer.

Surat kabar Berliner Illustrierte Zeitung melaporkan tentang “nirkabel sebagai hobi – mode terbaru di Amerika”. Cerita ini menampilkan ilustrasi instalasi radio termasuk sistem udara yang membentang di kaca depan.

Gairah untuk penerimaan radio muncul dan tumbuh dengan cepat: majalah spesialis Jerman “Funkschau” menulis pada 1 Juni 1931: “Tanpa diragukan lagi: mobil dan radio adalah pasangan yang sempurna. Kecepatan di mana kendaraan memungkinkan perubahan lokasi dilengkapi dengan kebebasan spasial radio.”

Seiring berjalannya waktu, radio mobil produksi massal pertama di Eropa dibuat oleh Bosch. Bernama Autosuper 5 (AS5) dan dipamerkan di Berlin Radio Show 1932 oleh anak perusahaan Bosch, Ideal-Werke. Perangkat ini memiliki berat 15 kilogram dengan rata-rata harga 465 Marks.

Pada saat itu, biasanya hanya memasang unit kontrol kompak langsung ke panel instrumen sedangkan komponen penerima dengan ukuran besar dan amplifier dipasang di lokasi yang berbeda, seperti di bagasi.

Hanya beberapa tahun kemudian, radio mobil dengan mudah diintegrasikan ke dalam kendaraan dan konsep pengoperasiannya. Misalnya, menggunakan tombol penyetel radio secara langsung tepat di sebelah instrumen dalam area penglihatan pengemudi, seperti yang dilakukan Mercedes-Benz, misalnya pada model 770 "Grand Mercedes"

Setelah Perang Dunia II, radio mobil menjadi jauh lebih ringkas dan memungkinkan untuk mengintegrasikannya sepenuhnya ke dalam panel instrumen. Misalnya, pada Mercedes-Benz 170 S (W 136).

Pada 1950-an juga menandakan puncak baru pada radio mobil. Siaran radio yang dikodekan oleh modulasi frekuensi (FM) menawarkan kualitas sinyal yang lebih baik. Inovasi lebih lanjut di tahun 1950-an termasuk tombol stasiun radio dan fungsi pemindaian stasiun. Teknologi transistor, slot kaset dan suara stereo diikuti pada tahun 1960-an.

Tahun 1970-an memperkenalkan Autofahrer-Rundfunk-Informationssystem (ARI; "informasi penyiaran pengemudi otomotif"), sebuah sistem yang secara otomatis mengidentifikasi laporan lalu lintas yang disiarkan sebagai bagian dari program dan sedikit meningkatkan volume.

Sejak saat itu, unit radio di dalam kendaraan telah ditingkatkan oleh seluruh sistem media digital dan teknologi informasi. Mulai integrasi pemutar CD pada 1980-an hingga kombinasi dengan navigasi satelit pada 1990-an.

Penemuan lain menjadi populer, misalnya CD changer di kompartemen sarung tangan – namun segera digantikan oleh perkembangan teknologi media digital seperti konektivitas Bluetooth dan USB.

Pewarta: A087
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © 2021

  • Tags
  • mercedes-benz
  • radio
  • mercy