FCQ Launches Global Blockchain Real Estate Platform

EQIFI Launches Suite of Decentralized Financial Products Powered by a Global, Licenced Bank

Mitsubishi Shipbuilding Concludes Technical Cooperation Agreement with Namura Shipbuilding on LPG powered Very Large LPG/Ammonia Carrier Construction

Mitsubishi Shipbuilding Begins Verification Testing of Marine-based CO2 Capture System

Singapore Cycling Federation Partners Singapore’s largest private physiotherapy group, Core Concepts for Sports Massages and Treatments for National Team Singapore Riders

Eisai Receives Award for Excellence in Corporate Communications at the 37th Corporate Communications Awards

Following Series A Financing, Scivita Medical Completes Series B Financing of Nearly RMB0.4 Billion to Accelerate the Strategic Layout of Globalization

Glasstech Asia x PERAFI Webinar Attracted Global Audience from 12 Countries

AsiaPresswire Launching Crypto Press Release Distribution Packages in Korea

Mentan pilih produk BUMN Pertani salurkan bantuan benih padi ke Bekasi

Kementerian BUMN dan BRI komitmen dukung UMKM untuk naik kelas

From Red Gold to Olympic Gold: Seedo Corp. Seeks Solutions for Athletes and More

Yuan China melemah ke 6,4691 per dolar AS Kamis

Membangunkan raksasa tidur sektor properti di tengah pandemi

Rupiah Kamis pagi melemah 17 poin

Wakil Ketua MPR dukung “marketplace” tutup akses barang impor

Habitat for Humanity to hold Asia-Pacific Housing Forum in Thailand for the third time

Kemarin, subsidi kuota internet hingga pengelolaan limbah medis

AsiaPresswire Launches Cryptocurrency PR Distribution Packages in Korea

The 26th edition of World AI Show shed light on the need to accelerating the adoption of AI in Malaysia

Moonstake to Host Joint Webinar with Partner IOST on 12 August 2021

Tiens Group Mengadakan Forum Industri Kesehatan Internasional – Menjelajahi jalur perkembangan industri kesehatan global

Menkeu sebut Rp2,3 triliun untuk kuota internet Kemendikbudristek

HKTDC Food Expo and five concurrent events open next week

Sri Mulyani: Bantuan subsidi kuota internet ringankan beban ekonomi

BI prediksi transaksi digital banking capai Rp35.600 triliun pada 2021

Bluewill U.S. Online Shopping Platform launch on August 4

Hitachi Rail Enters Agreement to Acquire Thales’ Ground Transportation Systems Business

Fujitsu AI Scoring Platform Powers New Galileo XAI Solution from LARUS for Financial Services

Spritzer Malaysia Offers Exclusive Promotions to Quench Thirst on Hot Days

Nissan resmikan pabrik di Inggris untuk rakit mobil listrik baru

Jakarta () – Nissan akan segera membangun kendaraan masa depan nilai investasi mencapai 1,4 miliar dolar AS (setara dengan Rp204 triliun) di pabrik Sunderland, Inggris bersama dengan fasilitas manufaktur baterai baru Envision AESC.

Hal itu diumumkan untuk mengikuti jejak rekannya, Renault, sesama anggota Aliansi Nissan yang mengumumkan rencananya untuk kendaraan listrik di masa mendatang.
 
Dari laman resminya yang dikutip pada Jumat, rencana EV36Zero datang pada peringatan 35 tahun pabrik Sunderland Nissan, dengan tujuan menciptakan "ekosistem manufaktur EV pertama di dunia" untuk membantu perusahaan Jepang bergerak menuju netralitas karbon.

Presiden dan Chief Executive Officer Nissan, Makoto Uchida mengatakan proyek ini hadir sebagai bagian dari upaya perintis Nissan untuk mencapai netralitas karbon di seluruh siklus hidup produk kami.

Pendekatan komprehensif kami tidak hanya mencakup pengembangan dan produksi EV, tetapi juga penggunaan baterai on-board sebagai penyimpanan energi dan penggunaannya kembali untuk tujuan sekunder.

"Pengumuman kami hari ini keluar dari diskusi panjang yang diadakan di dalam tim kami, dan akan sangat mempercepat upaya kami di Eropa untuk mencapai netralitas karbon. Pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh melalui proyek yang diumumkan hari ini akan dibagikan secara global, meningkatkan daya saing global Nissan," kata dia.

"Nissan akan terus memanfaatkan kekuatannya di bidang elektrifikasi untuk menjadi perusahaan yang terus memberikan nilai bagi pelanggan dan masyarakatnya," tambahnya.

Investasi awal yang mencapai 1,4 miliar dolar AS, itu akan menciptakan setidaknya 6.200 pekerjaan baru di Inggris, termasuk lebih dari 900 di Nissan dan 750 di Envision AESC.

Envision AESC, yang telah mengoperasikan pabrik baterai pertama di Eropa dan tepatnya di Sunderland sejak 2012 yang memproduksi baterai untuk Nissan LEAF dan eNV200, akan membangun pabrik baru di International Advanced Manufacturing Park (IAMP) setelah investasi sebesar 621 juta dolar AS.

Pabrik ini tidak lagi bergantung pada pabrik mereka yang berada di Douai, Prancis, dan akan memasok baterai hingga 100.000 Nissan EV per tahun.

Dalam hal ini, pabrik akan memiliki kapasitas awal 9GWh dan nantinya akan dapat mencapai 25GWh pada tahun 2030 berkat investasi masa depan sebesar 2,5 miliar dolar AS.

Kapasitas potensial untuk masa depan yang lebih jauh adalah 35GWh, yang akan menyamai gigafactory Tesla di Nevada. Perusahaan China berencana untuk memproduksi teknologi sel baterai Gen5 yang memberikan peningkatan kepadatan energi sebesar 30 persen sehingga menawarkan jangkauan yang lebih luas.

Crossover listrik baru

Tidak hanya mengumumkan pembangunan pabrik baru, Nissan juga sekaligus menggoda masyarakat dengan menghadirkan kendaraan crossover listrik untuk didistribusikan secara global yang dibangun di Inggris.

Terlihat dari teaser resminya, Nissan menghadirkan crossover yang belum disebutkan namanya ini memiliki garis atap bergaya coupe, roda berdiameter besar, dan menggabungkan gaya generasi baru Nissan dengan lampu LED futuristik.

Kemungkinan kendaraan listrik dari Nissan ini akan menggunakan platform CMF-EV yang juga menopang Nissan Ariya dan Renault MéganE yang akan datang.

Nissan, juga melakukan kerja sama dengan Dewan Kota Sunderland, akan membangun Microgrid yang menghemat 55.000 karbon per tahun berkat pembangkit listrik tenaga surya dan fasilitas penyimpanan baterai 1 MW yang terbuat dari baterai bekas.
 

Baca juga: Nissan recall 138 ribu Sentra karena masalah komponen

Baca juga: Nissan sesuaikan produksi pada bulan Juli karena kekurangan chip

Baca juga: Nissan Navara Pro-4X baru akan segera meluncur

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © 2021

  • Tags
  • nissan
  • mobil listrik nissan
  • mobil litrik