UpBots Launches Version 2.0 of its Crypto Trading Platform

Toyota pangkas produksi karena kekurangan suku cadang

Ombudsman: Baru lima daerah di NTT penuhi syarat uji kir kendaraan

Penjualan naik, Kemenperin dorong industri alat berat pacu produksi

Anggota DPR: Siapkan langkah antisipasi terkait potensi krisis energi

Peragaan busana batik Nusantara di Shanghai

Sentimen risiko “rebound”, dolar akhiri kenaikan lima minggu beruntun

Sri Mulyani tekankan transisi hijau dalam tangani perubahan iklim

UpBots Launches Version 2 of Its Crypto Trading Platform

Danabijak resmi kantongi izin OJK

BI perkirakan terjadi inflasi 0,08 persen pada Oktober 2021

StrongNode Partners with Blockpass for KYC Provision

BSI dorong kemitraan UMKM permudah akses pembiayaan

Toyota: Production Plans in November 2021, as of October 15

Teknologi injeksi uap tingkatkan produksi minyak di Lapangan Duri

BPS: Mobilitas penduduk di tempat belanja alami pemulihan

Dolar bersiap hentikan kenaikan 5 minggu, yen sentuh terendah 3 tahun

Mitsubishi Motors Reveals the Design of the All-New Outlander PHEV Model

IEA sebut krisis energi dapat mengancam pemulihan ekonomi global

Erick Thohir: Merger Pelindo realisasikan harapan besar Presiden

Menteri ESDM nilai Blok Rokan masih potensial produksi migas

Driving the Digital Economy – The 2021 Global Digital Trade Conference and Wuhan (Hankoubei) Commodities Fair thematic event “Digital Trade and Technology” held in Wuhan, Hubei

Loh Boon Chye, CEO of SGX: Strengthen market connectivity and capital flows, and support China’s internationalisation

Indonesia Develops Blue Economy to Boost National Manufacturing Industry Growth

AOTS, NTT DOCOMO and Mobile Innovation to Conduct Trial of 5G-Enabled Remote Technical Training

Topelia Australia launches US$25M Series A call for COVID-19 ATT Ziverdox

Spikes Asia Awards 2022 Announces the Integration of the Tangrams Awards and Launch of the Strategy & Effectiveness Spike

All-New Lexus LX Premieres as the 2nd Model of Lexus Next Generation Following NX

Minyak naik di Asia, harga gas tinggi dapat picu peralihan ke minyak

Menteri PUPR tekankan pentingnya hunian inklusif bagi semua masyarakat

SMI dan Bloomberg Philanthropies dorong transisi energi bersih

Jakarta () – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) bersama Bloomberg Philanthropies menandatangani komitmen kerja sama untuk mendorong transisi energi bersih di Indonesia serta mempromosikan ekonomi biru dan konservasi laut.

“Perpanjangan kemitraan PT SMI dan Bloomberg Philanthropies bertujuan mempercepat upaya dalam memerangi perubahan iklim serta mencapai pembangunan berkelanjutan,” kata Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad di Jakarta, Kamis.

Kerja sama PT SMI dan Bloomberg Philanthropies sebenarnya telah dimulai sejak 8 April 2019 dengan penandatanganan Nota Kesepahaman di kota New York, Amerika Serikat.

Penguatan kemitraan ini adalah salah satu dukungan memperkuat pencapaian target pembangunan berkelanjutan dalam platform pendanaan SDG Indonesia One (SIO) khususnya terkait transisi energi bersih dan perubahan iklim.

Kerja sama PT SMI dengan Bloomberg Philanthropies dimulai dalam bentuk dukungan dana hibah sebesar 32 ribu dolar AS melalui Climate Works Foundation sebagai regranting agency untuk feasibility study solar rooftop bandara.

Kemudian juga dana hibah sebesar 85 ribu dolar AS melalui program Vibrant Ocean Initiative dengan Rockefeller Philanthropy Advisory sebagai regranting agency untuk program Desa Bakti Untuk Negeri (DBUN) III – Bajo Climate Village Program.

Hal ini sejalan dengan komitmen Indonesia yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yaitu mengambil bagian dalam memerangi perubahan iklim melalui Perjanjian Paris.

Indonesia berkomitmen mengurangi gas rumah kaca sebesar 29 persen dengan kapasitas sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional pada tahun 2030.

Baca juga: Memacu energi bersih dalam prospek alternatif nuklir

Kemitraan PT SMI dan Bloomberg Philanthropies diharapkan mampu menciptakan inovasi dan program kolaboratif yang mendukung upaya memerangi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

Pendiri Bloomberg LP dan Bloomberg Philanthropies Michael R. Bloomberg menyatakan kemitraan ini akan membantu memajukan proyek energi surya dan mendorong transisi energi bersih di seluruh Indonesia.

Ia menjelaskan kerja sama ini akan fokus pada pengumpulan data dan menarik pembiayaan untuk proyek-proyek yang mempromosikan keberlanjutan, konservasi laut, dan upaya menuju masa depan zero emisi.

“Bersama-sama kita dapat membantu meningkatkan investasi yang memperkuat ekonomi Indonesia sekaligus mendukung perjuangan melawan perubahan iklim,” katanya.

Kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengkoordinasikan upaya dalam mempromosikan blended finance untuk membantu memerangi perubahan iklim dan mendukung transisi energi bersih.

Upaya itu akan dilakukan melalui berbagai cara seperti memberikan bantuan teknis melalui capacity building terkait dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan perubahan iklim dan transisi energi global.

Selanjutnya, menyediakan dukungan fasilitas penyiapan proyek untuk meningkatkan persiapan proyek berkelanjutan dan mendukung penelitian terkait perkembangan rendah karbon untuk emisi net-zero.

Terakhir, kemitraan ini juga sebagai bentuk kolaborasi dalam proyek yang mendukung lingkungan laut dan masyarakat pesisir.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © 2021