Realisasi bantuan pemerintah triwulan I-2022

Rupiah Selasa pagi menguat 13 poin

IMF peringatkan risiko stagflasi di Asia, pangkas prospek pertumbuhan

Dolar AS menguat ke level tertinggi dua tahun, sementara yuan jatuh

MES Sulsel: Optimalisasi pengelolaan zakat dapat entaskan kemiskinan

Rupiah Senin pagi melemah 130 poin

PPATK sebut telah blokir ribuan transaksi investasi ilegal

Sri Mulyani paparkan kegiatannya di hari kelima di Washington DC

KSP: BLT minyak goreng sudah tersalurkan ke 17,2 juta keluarga

Sepekan, proyeksi pertumbuhan ekonomi direvisi hingga G20 soal Ukraina

PPATK katakan terus pantau transaksi platform investasi ilegal

3 pasar rakyat di Padang mulai sediakan pembayaran digital

Dolar capai tertinggi 2 tahun, ditopang prospek bunga Fed yang agresif

BRI kembali buka program rekrutmen pegawai baru

BI catat aliran modal asing masuk senilai Rp0,45 triliun pekan ini

Pemegang saham setujui Mitratel bagi dividen Rp966,7 miliar

BI: Perang Rusia-Ukraina perkuat kompleksitas G20 jaga pemulihan dunia

Rupiah Jumat pagi melemah 16 poin

Yuan anjlok lagi 498 basis poin menjadi 6,4596 terhadap dolar AS

Yen dan yuan menderita saat Fed akan naikkan suku bunga lebih cepat

Ketua bank sentral Rusia Nabiullina hadapi krisis di masa jabatan baru

Yuan terpangkas lagi 102 basis poin menjadi 6,4098 terhadap dolar AS

Sri Mulyani: KTT ketahanan pangan AS perkuat hadapi krisis

Rupiah Kamis pagi menguat 17 poin

Aksi “walk out” AS hingga Inggris, Sri Mulyani: G20 jaga kerja sama

BI sebut G20 dorong kebijakan moneter terintegrasi

Yuan tergelincir 276 basis poin menjadi 6,3996 terhadap dolar AS

Rupiah Selasa pagi menguat tipis 1 poin

Dolar AS sentuh puncak baru 2 tahun, dipicu prospek kenaikan bunga Fed

CORE sarankan pemerintah tingkatkan proporsi pembiayaan ekspor UMKM

UBL pajang motor listrik BL-SEV01 di pameran UKM Mandalika 2022

Jakarta () – Universitas Budi Luhur (UBL) memajang sepeda motor listrik BL-SEV01 pada pameran UKM MotoGP Mandalika 2022 18-20 Maret lalu.

"Tentunya kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari perhelatan Internasional MotoGP. Karya kami di bidang pengembangan kendaraan listrik bisa dikenal oleh ribuan pengunjung baik masyarakat domestik maupun mancanegara yang hadir di Mandalika,” jelas dosen Teknik Elektro Universitas Budi Luhur ini," ungkap Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik UBL, Sujono. ST dalam keterangan resminya, Kamis.

Sebelumnya, terdapat rangkaian kualifikasi untuk bisa masuk ke dalam pameran UKM MotoGP Mandalika yang berlangsung pada 5 Maret yang diikuti oleh para peserta UKM yang ada di seluruh Indonesia.

Dari keseluruhan peserta tersebut, akan dipilih mengikuti pameran UKM Goes To Mandalika yang bersamaan dengan event Internasional Seri ke-2 MotoGP 2022.

Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur dengan motor listrik BL-SEV01 akhirnya terpilih menjadi peserta pameran di Pertamina Grand Prix of Indonesia Seri-2 MotoGP 2022.

Dengan mengikuti kegiatan ini, tentu memberikan banyak manfaat kepada para peserta terlebih untuk motor listrik besutan dari UBL yang jadi lebih banyak dikenal masyarakat.

Dalam hal ini Sujono mengatakan bahwa banyak sekali hal positif yang kami dapatkan dari kegiatan tersebut, dinya pengembangan networking dari sesama penggiat UKM.

"Review dan masukan dari pengunjung tentunya kami jadikan referensi dalam pengembangan produk kami dibidang kendaraan listrik khususnya sepeda motor listrik," kata Sujono.

"Selain itu dengan adanya pameran di ajang Internasional ini menjadi penyemangat para mahasiswa dan dosen khususnya Teknik Elektro Universitas Budi Luhur untuk membuat karya yang lebih baik dan diterima oleh masyarakat," tambah Sujono.

Pada pameran ini, booth Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur menjadi daya tarik sendiri oleh pengunjung. Motor listrik BL-SEV01 dikunjungi langsung oleh Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah.

Teten Masduki mengapresiasi motor listrik karya anak bangsa yang dikerjakan langsung oleh mahasiswa dan dosen. "Universitas Budi Luhur satu-satunya Universitas yang ikut dalam pameran bergengsi ini dan konsisten dalam pengembangan kendaraan listrik," jelasnya Sujono.

Dalam hal ini, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA mengatakan bahwa dengan mengikuti pameran UKM MotoGP Mandalika ada sebuah kesempatan emas untuk motor listrik UBL dikenal lebih banyak masyarakat.

"Motor Listrik BL-SEV01 karya UBL bisa dikenal oleh penonton MotoGP yang jumlahnya puluhan ribu. Selain itu konsistensi Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik UBL dalam membuat kendaraan listrik mulai dilihat oleh masyarakat dan pihak pemerintah. Mudah-mudahan kami bisa mempertahankan konsistensi membuat kendaraan listrik dengan kualitas terbaik dan keren," ungkap Kasih Hanggoro.

Sebagai informasi tambahan, spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW PEAK, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian 4 jam. Saat Touring Jakarta – Mandalika motor listrik BL-SEV01 Jakarta – Mandalika, membawa 3 set baterai yang masing – masing mampu menempuh 100 – 140 km sekali.

Jadi ketika baterai habis tim BL-SEV01 langsung mengganti baterai dengan sistem swab. Rata – rata menempuh perjalanan 300 kilometer.

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © 2022
  • Tags
  • gp mandalika
  • motogp mandalika
  • ubl